Jalan sukses membangun bisnis kecil dan menengah

Rabu, 10 Oktober 2012

Sudah banyak pengusaha yang memiliki keterampilan mengelola bisnis yang dibangunnya dengan sangat mudah dengan tanpa menghadapi kesulitan yang berarti. Mampu mensetup dan mengendalikan operasional bisnis sampai dalam mensiasati kondisi hingga krisis sekalipun.

Hal ini bukan saja di tentukan oleh kesiapan mental semata, namun mental terbangun berkat pengetahuan, pengalaman, serta kemampuan mengambil keputusan serta kebijakan yang memuliki kekuatan dan mampu mendorong perusahaan kearah yang lebih maju dan memiliki eksistensi.

strategi bisnis maju
Sukses dalam membangun sebuah atau beberapa buah bisnis tentu saja menjadi cita-cita setiap calon usahawan, namun untuk mencapai kesuksesan tersebut bisa dipastikan bukanlah menempuh jalan pendek, tetapi jalan panjang dan berliku menghadang untuk menjadi sarana mengasah kemampuan dan pengalaman.

Walaupun demikian, coffee break memiliki 10 panduan sebagai jalan membangun kesuksesan dalam berbisnis serta memiliki daya saing yang handal dalam menghadapi persaingan dan kesulitan, 10 cara tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Menetapkan Target
Mungkin tidak semua produk yang ditawarkan merupakan yang dibutuhkan orang. kepastian dan harus memiliki target pasar tertentu menjadi wajib. Hal ini dilakukan karena alasan perputan dana yang ada dan kemampuan menjual sebagai eksistensi sebuah bisnis. Selain itu target penjualan menjadi sasaran selanjutnya yang sangat berperan dalam memicu keberhasilan dan sukses bisnis perusahaan.
Tetaplah  fokus pada target pasar yang telah ditetapkan sebagai tujuan dan kemudian bekerjalah dengan cara yang sudah dijadikan perencanaan dalam pencapaian target tersebut. Jika harus melakukan revisi, buatlah revisi target sesuai dengan fakta realitas dilapangan.

2. Keberanian menampilkan hal yang berbeda
Meniru dengan melakukan modifikasi atau membangun diri sendiri dengan kreatifitas. Jika menginginkan sambutan yang berbeda maka dibutuhkan menampilkan segala sesuatunya dengan cara berbeda, hal ini yang akan dijadikan pegangan konsumen bahwa bisnis yang diperkenalkan atau produk yang ditawarkan adalah brand perusahaan, serta tidak sama dengan yang sudah ada sebelumnya.

3. Membangun tim yang bisa diandalkan
Jangan hanya merekrut karyawan untuk sekedar mengisi kekosongan, pilih mereka yang benar-benar tertarik dan memiliki niat yang tinggi untuk bekerja dengan bisnis anda dan peduli akan pertumbuhannya. Bangun prinsip The Right Man on The Right Place, menempatkan pekerja dengan skill dan posisi yang tepat.

4 Bangun Budaya Sopan, santun, dan berterima kasih
Budaya sopan santun dan mengucapkan terima kasih dengan tulus menjadi SOP pelayanan yang memiliki kualitas luar biasa bagi bisnis. Dimata pelanggan,  mereka akan merasa senang jika menerima ungkapkan rasa terima kasih kepada mereka ketika selesai melakukan bisnis dengan perusahaan. ini merupakan kebiasaan dan budaya dari hal kecil yang membuat pelanggan datang kembali, sudah tentu menjadi keuntungan besar.

5.  Manajemen Waktu
Untuk operasional bisnis atau perusahaan yang sudah mulai berjalan, kepastian menagemen waktu wajib di berlakukan serta diterapkan, seperti waktu masuk dan keluar sebagai jam kerja, penanganan dan penentuan transaksi sampai dengan delivery pengiriman, dan lain sebagainya yang membutuhkan pengaturan waktu.

6. Konsistensi
Hari ini wajib lebih baik dari kemarin, dan esok perlu lebih baik lagi dari hari ini, ungkapan tersebut diatas mencerminkan perbaikan dan penataan secara konsisten disegala lini bisnis dengan harapan kemajuan perusahaan akan terus konsisten terlihat yang khususnya perlu terus dibenahi dan diawasi pada masa awal-awalnya.

7. Senyum menjadi energi positif
Sekali lagi, Hal ini terlihat sepele namun sangat menguntungkan bagi bisnis yang dibangun. kebanyakan dari perusahaan-perusahaan sukses mengharuskan kepada pegawainya yang berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk selalu tersenyum, agar mereka mendapatkan kepuasan pelanggan dan memuaskan para klien serta konsumen. Senyum bisa sebagai tanda pujian atau kesan baik pada pelanggan. Segala yang dilakukan dengan senyuman sudah pasti menerima efek dari energi positif yang terbangun.

8. Optimis mengalahkan pesimis
Sikap positif selalu dibutuhkan dalam menjalankan usaha kecil. Ingat sifat optimis secara tidak langsung akan mengantarkan bisnis menjadi lebihtangguh, pantang menyerah, dan tentunya tetap semangat mengadapi segala rintangan. Ingat, tanpa adanya optimisme bisa dipastikan bisnis sulit bersaing dan mungkin tidak akan mampu bertahan lama mengahdapi gempuran persaingan pasar dari para competitor.

9. Terbuka dan jujur dalam menjual.
Ingin memiliki pelanggan yang loyal ? Maka kunci dari mewujudkannya adalah membuka informasi yang jujur dalam menjual. Baik itu produk yang ditawarkan, pelayanan purna jual, maupun jika ada garansi atas produk. Kualitas dan  kehandalan bagian pelayanan penjualan menjadi ujung tombak marketingnya.

10. Buang jauh kebiasaan berpikir sempit
Dalam bekerja jangan hanya menggunakan mata lahiriah saja, penting mengasah dan memberdayakan mata batiniah akan memucu kita berpikir menjadi lebih luas, serta membentuk kebijakan dengan kualitas yang luar biasa. Sehingga setiap tindakan sebagai keputusan yang diambil sudah mengandung aspek yang menguntungkan dengan meminimalisir kemungkunan hal-hal yang bisa merugikan.

Sesungguhnya bisnis yang sukses dibangun dengan diawali dalam membangun kebiasaan-kebiasaan positif sebagai habit perusahaan. Yang mana habit yang baik menjadi landasan pengetahuan, pemikiran, ide, serta tenaga yang besar dalam mendorong kemajuan bisnis perusahaan secara konsisten.