Anak suka dan menyenangkan kunci sukses usaha kursus matematika

Selasa, 13 November 2012

Pelajaran Matematika, tidak terlepas dari angka, rumus yang harus di hafal, dan logika bagaimana cara mudah mengerti dalam menjalankan rumus menjadi aktivitas vital dalam mata pelajaran matematika. Dalam sebuah sekolah umumnya tidak banyak murid yang menyukai pelajaran matematika, sehingga mata pelajaran ini cukup mejadi momok para siswa tersebut.

Di satu sisi para orang tua ingin anak-anaknya pandai dan mampu bersaing dengan siswa lainnya dalam menyerap pelajaran di sekolah, termasuk mata pelajaran matematika. Orang tua yang memiliki penghasilan cukup rela menyisihkan pendapatannya untuk mengkursuskan anaknya dengan mengikuti less tambahan. Bahkan orang tua yang berpenghasilan lebih rela untuk mengkursuskan anak-anaknya di pusat bimbingan professional bertarif cukup mahal.

usaha kursus matematika
Kondisi ini membuat usaha-usaha yang membidangi kursus matematika dapat tumbuh subur di kota-kota besar seperti  Jarimatika, Kumon, dan juga Sakamoto yang memang membidangi khusus mata pelajaran matematika. Masing-masing kursus memiliki metode masing-masing dalam memberikan pengajaran matematika kepada anak didiknya.  Selain itu mengingat pelajaran matematika terbagi dalam beberapa level tingkat pendidikan, SD, SMP, SMA sebagai pendidikan dasar. Menjadi potensi pasar yang sangat menjanjikan untuk di fokuskan.

Bagi rekan-rekan yang ingin menjadikan mata pelajaran matematika sebagai peluang usaha dan bisnis, dengan membuka kursus pelajaran matematika tidak perlu takut akan persaingan dari lembaga kursus yang sudah dianggap sebagai yang professional. Karena pasar yang ada sangat beragam dan tarif biaya kursus yang dikenakan juga berbeda, sehingga mungkin saja bisa dimulai dengan membuka kursus matematika dengan biaya yang cukup terjangkau untuk banyak kalangan.

Untuk memastikan usaha kursus matematika yang di buka, dapat berjalan dengan lancar, berikut beberapa tips dalam membuka usaha kursus matematika yang membuat anak senang dengan mata pelajaran tersebut, khususnya di tingkat Taman kanak-kanak (TK) dan Sekolah dasar (SD).
  • Analisa pasar dan tentukan lokasi dimana akan membuka usaha kursus matematika tersebut. Lokasi akan menentukan kemudahan dalam berpromosi dan pastikan tersedianya sarana transportasi umum untuk menuju lokasi dibukanya kursus.
  • Persiapkan permodalan awal untuk sewa tempat, gaji pengajar, pengadaan buku dan peralatan mengajar termasuk alat bantunya. Jika masih memiliki banyak keterbatasan dan kendala dalam modal maka alternative usaha kursus bisa dimulai dengan memanfaatkan salah satu ruang di rumah termasuk garasi jika memungkinkan.
  • Persiapkan tenaga kerja berupa staf pengajar yang memiliki kualitas, jika masih kecil bisa memaksimalkan diri sendiri kalau memang memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang sarjana matematika. Namun jika menggunakan guru bantu sebagai karyawan, pastikan memilih melalui proses seleksi agar mendapatkan staf pengajar yang kompeten.
  • Buat sistem pengajaran yang kreatif dan mampu membuat para siswa menjadi menyukai mata pelajaran matematika. Pada tahap awal bisa saja moncontoh gaya pengajaran dari tempat kursus lainnya, Namun untuk meningkatkan status dan kredibilitas usaha kursus yang dibuka, teruslah berinovasi agar proses pengajaran mata pelajaran matematika bisa semakin di sukai oleh para siswa dan mudah untuk di terima dalam proses transfer pengetahuannya. Metode pengajaran yang diciptakan merupakan ciri khas atau brand usaha yang dijalankan. Hal ini akan sangat menentukan bagi masa depan usaha kursus matematika.
  • Untuk membangun kepercayaan orang tua terhadap usaha kursus yang dibuka, akan perkembangan sang anak. Buatlah sistem komunikasi yang efektif dan tepat, dimana orang tua akan mendapatkan informasi perkembangan anak didik untuk setiap periode. Mungkin per 2 bulan, 3 bulan, atau 4 bulan. Jangan terlalu jauh atau lama, karena semakin orang tua mengetahui dan memahami kemajuan sang anak didik, maka kepercayaan pada usaha kursus matematika yang di buka akan semakin tinggi. Hal ini bisa menjadi referensi potensial bagi saudara anak didik, dan anak-anak kerabat orang tua menjadi konsumen bisnis kursus matematika yang dibuka.
  • Tetapkan tarif belajar bagi anak didik di tempat kursus yang dibuka, pada awal bisa menetapkan tarif kursus yang lebih murah dan terjangkau. Namun saat sudah maju dan semakin membutuhkan referensi guru yang berkualitas, tarif bisa disesuaikan dengan lebih realistis.
Dari beberapa tips diatas merupakan kiat dasar dalam membuka usaha kursus matematika, namun kesuksesan dalam mengelola usaha ini adalah metode yang diterapkan dalam proses belajar mengajarnya. Semakin tempat usaha kursus matematika yang dibuka mampu membuat para siswanya menyukai dan gemar dengan mata pelajaran matematika, karena kemampuan metode yang digunakan memudahkan para siswa menyerap pelajaran matematikanya. Maka usaha kursus matematika yang di buka akan semakin maju dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitarnya.

Jika rekan berprofesi sebagai guru matematika, dan menjadi staf pengajar untuk mata pelajaran matematika. Maka peluang usaha membuka kursus mata pelajaran matematika ini layak menjadi pilihan yang potensial.