Peluang usaha mengolah sayuran menjadi nugget nabati

Jumat, 16 November 2012

Nugget merupakan makanan beku yang kita jumpai umumnya berbahan dasar ayam, daging, ikan, dan lain sebagainya. Pernahkan terbayangkan nugget yang diolah dari bahan dasar berupa sayur-sayuran? Beberapa usahawan kreatif dan mereka rata-rata wanita berhasil membuat nugget yang berbahan dasar sayur-sayuran.

Keberhasilan tersebut menciptakan permintaan dan konsumen, sehingga mencuatlah ide yang menjadikan peluang usaha ini untuk memproduksi nugget sayur secara masal sebagai bisnis. Apalagi bahan dasar nugget sayur bisa dikatakan sangat murah, sehingga pada perjalanannya bisnis produksi nugget sayur inipun berhasil mencetak keuntungan yang lebih dari kata "lumayan".

nugget sayuran
Kenyataan fenomena nugget sayur ini cukup beralasan, karena alasan pola hidup sehat, makanan diet, dan berbagai alasan lainnya menjadi pemicu hebat kepopuleran yang tersemat pada produk nugget sayuran. Lalu apa yang menjadikan peluang usaha nugget sayur ini menjadi sangat istimewa? Kalau dulu contohnya produk nugget ayam hanyak diminati sebagai makanan anak, berbanding terbalik dengan produk nugget sayur. Selain baik untuk dikonsumsi oleh anak, namun tidak sedikit kalangan remaja, tua, dan manula menjadi penggemar dari makanan nugget sayuran ini. 

Apa sebenarnya yang menjadikan nugget sayur ini unggul?
Peluang ini ditangkap guna mengakhiri kebingungan yang terjadi pada orang tua yang mendapati anak-anaknya tidak suka menyantap sayut-sayuran sebagai produk kesehatan yang mengandung kaya akan serat dan baik bagi pencernaan. Mereka dapat mengganti dan menyajikan pola konsumsi sayur dengan cara yang berbeda. Apalagi dengan memilih bahan baku sayuran organik, diperkirakan tren pasar untuk nugget sayuran ini semakin cerah dan akan mampu bersaing dengan produk-produk nugget non sayuran. Tren hidup sehat dan kembali mengkonsumsi semua bahan sayur yang organik membuat masyarakat lebih cepat mempercayai produk-produk nugget sayur olahan dimasa yang akan datang.

Proses Pembuatan Nugget Sayur
Proses pembuatan nugget sayur sangat mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengukus olahan nugget sayur terlalu lama, karena akan menghilangkan kandungan vitamin, dan antioksidan yang ada di dalam nugget sayur.

produk nugget sayuran
Proses pertama untuk membuat nugget sayur adalah sayur dicincang kemudian dicampur bumbu dapur, serta daging ayam yang telah digiling. Adonan tersebut kemudian dibentuk lucu dan menarik agar anak-anak tertarik. Setelah dikukus sebentar, kemudian ditaburi tepung roti. Lalu nugget sayur dibekukan dan siap dikemas. Proses pembekuan nugget sayur ini adalah 24 jam.

Mengkonsumsi nugget sayur, sama seperti mengkonsumsi sayuran utuh. Kandungan anti oksidannya yang tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan melancarkan sistem pencernaan. Sehingga baik dan penuh manfaat bagi yang mengkonsumsinya, terlebih lagi jika dikonsumsi oleh anak, akan sangat baik bagi pertumbuhannya.

Cara membuat nugget sayur :
100 g udang, atau ayam, dan bisa juga daging ikan, dihaluskan, 100 g wortel, parut, 100 g bayam yang sudah dihaluskan haluskan, 100 ml santan, 2 btr telur, 50 g tepung sagu, 2 sdt garam, 1 sdt merica halus, 1 sdt gula pasir
Bumbu Halus : 3 btr bawang merah yang dihaluskan, 1 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdt parutan jahe
Bahan Pelapis : 1 btr telur, 100 g tepung roti, Minyak goreng untuk menggoreng, Pelengkap : Saus tomat atau mayones.

Cara Membuat  Makanan Untuk Anak  Nugget Sayur:
  • Campur udang dan sayur halus dengan santan, telur, tepung sagu, garam, merica, dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan bumbu halus, aduk rata.
  • Siapkan loyang atau pinggan tahan panas, olesi dengan minyak goreng, tuangkan adonan lalu kukus selama 20 menit, angkat dan dinginkan.
  • Setelah dingin, potong dengan bentuk karakter binatang, celupkan ke dalam telur kocok dan lumuri dengan tepung roti. Simpan di dalam lemari pendingin selama 2 jam.
  • Panaskan minyak dan goreng hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  • Sajikan bersama kentang goreng dan saus tomat. Hias sesuai selera hingga menarik dan membuat anak terpancing menyantapnya.
Sekarang terkuak sudah peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah atau home industri yang memiliki prospek bisnis yang terbuka luas dan berpotensi dimasa uang akan datang. Lihatlah di daerah rekan-rekan berdomisili sekarang ini, Sudah adakah produk seperti ini ? Jika belum cepat tangkap peluangnya, dan bersiap sukses sebagai usahawan yang memiliki bisnis produksi nugget saturan yang baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bagi anak.