Teknik memasarkan produk online agar terjual cepat

Sabtu, 03 November 2012

Mungkin diantara rekan pembaca coffee breaks sudah ada yang memiliki bahkan sedang giat-giatnya membangun bisnis menjual produk-produk tertentu secara online, upaya yang sudah dilakukan dengan membuat blog sendiri hingga shoping chart toko online. Apakah kemampuan menjual bisnis secara online sudah dimiliki dan berjalan? Apakah penjualan yang dilakukan sudah mampu memberikan keuntungan secara operasionalnya ? Jika belum maka kesuksesan menjual oline bagi bisnis yang di bangun belumlah maksimal.

Dewasa ini dengan semakin mudahnya akses ke internet, banyaknya profider yang menyediakan layanan akses internet mudah dan cepat, membuat banyak masyarakat yang menggunakan teknologi ini. Hal ini juga membuat mereka pelaku bisnis berupaya untuk memaksimalkan internet sebagai media pemasaran dan transaksi penjualan produknya. Jelas tingkat persaingan tercipta semakin ketat dari tahun ketahunnya, namun yakinlah dengan bisnis di internet yang akan semakin besar dan memberi peluang sukses bisa lebih cepat.

teknik menjual onlineUntuk sukses di bisnis penjualan produk melalui media internet, ada beberapa teknik yang layak dicoba guna mendorong kenaikan tingkat penjualan bisa lebih signifikan, selain membuat bisnis dan produk menjadi lebih populer di dunia maya. Beberapa teknik yang dapat dibagikan oleh rekan coffee breaks antara lain sebagai berikut :
  • Menetapkan batas waktu untuk promosi penjualan, ini sangatlah penting guna menarik dan memutuskan minat konsumen seperti menetapkan batas waktu pendaftaran. Misalkan dengan cara menuliskan begini, jika konsumen melakukan pendaftaran sebelum 1 Agustus, konsumen tersebut akan mendapatkan diskon khusus atau bonus produk. Cara ini diyakini bisa lebih mendorong calon pembeli agar segera melakukan pembelian.
  • Siapkan dan berikan bonus. Selain produk-produk utama yang menjadi komoditi jualan, berikan pula sejumlah produk tambahan sebagai bonus. Bentuk bonus yang diberikan bisa berupa apa saja seperti ebook, report, newsletter, dan lainnya.
  • Perkuat dengan memberikan garansi. Misalnya, 7 hari, 30 hari, 60 hari atau bahkan satu tahun. Dalam menetapkan pemberian masa dan waktu garansi, semakin panjang masa garansi yang diberikan, semakin baik efeknya dalam meningkatkan penjualan. Sebab pembeli merasa terjamin dengan pembelian yang mereka lakukan.
  • Lengkapi kemampuan melayani dengan teknik hak jual ulang (resell). Dalam program hak jual ulang diikuti dengan tawaran komisi tertentu begitu mereka bergabung. Komisi yang anda berikan bisa diterapkan untuk setiap penjualan.
  • Perkuat pemasaran dengan menampilkan kesaksian (testimoni) tentang produk yang dijual dari para penggunanya. Cara ini akan sangat mendongkrak kredibilitas bisnis online. Sehingga membuat calon pembeli akan lebih cepat dan mudah dalam mempercayainya. Dalam menampilkan testimoni, cantumkan juga nama dan data lengkap pemberi testimonial tersebut.
  • Optimalkan pelayanan secara lebih maksimal. Produk apapun yang hendak dijual, aspek dan faktor pelayanan jangan sampai diabaikan. Saat ini orang bukan hanya kepincut dengan produk saja, tapi pelayanan juga menjadi pertimbangan penting.
  • Menyedikan dan memaksimalkan semua jalur komunikasi yang tersedia dan emungkinkan. Tidak lagi cukup hanya dengan email, maksimalkan pelayanan anda dengan membuka jalur komunikasi lainnya. Seperti lewat telepon dan chatting, hingga penggunaan pin BB. Bisa juga dicoba dengan memanfaatkan social media seperti friendster, facebook, dan lainnya.
  • Berikan report, reward, atau produk gratis. Untuk memancing minat para calon pembeli, penting untuk memberikan report, reward, hingga produk gratis. Produk gratis yang diberikan sebaiknya yang bisa mengantarkan pemahaman terhadap bisnis anda dan lebih berkemampuan mendorong penjualan.
  • Pertajam dan evaluasi strategi marketing. Banyak macam teknik dan strategi marketing yang bisa diterapkan dan dijalankan. Misalnya seperti bekerjasama dengan pebisnis internet lainnya atau melakukan joint venture. Baik dalam promosi, sistem bisnis, dan lainnya.
  • Buat dan maksimalkan blog. Blog penting sebagai sebagai salah satu cara anda berkomunikasi secara intensif kepada para anggota maupun calon anggota. Dari blog pula anda bisa mengalirkan traffic ke situs web penjualan. Dengan begitu, pastinya blog akan bisa menjadi tambang emas keuangan.
Memang perkembangan strategi dan teknik dalam menjual produk secara online akan semakin banyak dan terus berkembang seiring dengan perkembangan dan kemajuan dunia internet, namun jangan biarkan bisnis onlne yang sedang rekan usahawan kelola hanya mampu jalan ditempat atau mundur menuju kearah jurang kolab. Sebagai solusi awal rekan usahawan bisa mencoba beberapa teknik diatas guna memastikan geliat bisnis dan penjualannya bisa berjalan sesuai dengan harapan.