Tips managemen waktu guna meningkatkan produktivitas usahawan

Kamis, 08 November 2012

Saat seseorang yang sehari-harinya tidak banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat, maka dalam menjalani satu hari akan terasa sangat panjang. Namun berbeda dengan seseorang yang produktivitasnya cukup tinggi, dimana sehari-harinya dilalui dengan mengerjakan banyak hal. Sudah pasti waktu dalam satu hari dirasakan begitu singkat, sehingga kerap menambahkan waktu kerja menjadi overtime.

Tidak jauh berbeda dengan kehidupan seorang entrepreneur, walaupun dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang mungkin saja sudah dibantu oleh para karyawan. Mengingat fungsi dan tanggung jawab yang besar serta semangat dalam memajukan bisnis yang dikelolanya sudah pasti dibutuhkan pengaturan waktu  secara  baik dan bijak, setidaknya optimal dalam menyelesaikan tugas bisnis sesuai dengan yang diharapkan.

managemen waktu
Untuk mendapatkan produktivitas yang tinggi dan kemampuan membagi waktu dengan baik antara mengurus kegiatan pribadi, perusahaan atau bisnis, rumah tangga, dan ibadah, jelas dibutuhkan kemampuan memanagemen waktu. Hal ini agar waktu dapat dimaksimalkan sesuai dengan rencana dan target yang dinginkan. Kata kunci untuk managemen waktu sebenarnya adalah "Disiplin diri", Jelaslah semakin kita disiplin pada diri sendiri akan membuat hidup akan semakin tertata dengan baik.

Pada dasarnya sifat dari managemen waktu ini adalah kemerdekaan pribadi, mangapa? Karena seseorang tidak dapat dipaksakan untuk mengatur waktunya, itu semua kembali kepada dirinya sendiri. Seingga dalam hal ini dibutuhkan kesadaran mendalam yang sangat tinggi untuk mendisiplinkan diri, khususnya dalam memanagemen waktu. Berikut ini beberapa tips penting untuk sukses memanagemen waktu.

Prayer in worship (berdoa dalam ibadah)
Segala yang ada di dunia ini pastilah bergantung kepada kuasa Tuhan yang esa, maka bangunlah kebiasaan baik dengan beribadah dan doa sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Mohon dan mintalah diberikan kelapangan, kelanvaran, kemampuan, dan kemudahan dalam mengerjakan sesuatu apapun jua.

Self Awareness (Kesadaran diri)
Membangun kesadaran dalam diri sendiri bila dihubungkan dengan pentingnya waktu (time managemen adalah bagaimana kita "memaknai waktu". Dengan kita memiliki Self Awareness yang tinggi pada diri sendiri maka akan memiliki kemampuan merefleksikan prilaku emosional kita, sebagai hasilnya kita akan mampu menentukan yang terbaik untuk diri kita.

Value (Nilai hidup)
Temukan nilai yang palng tinggi dan paling berharga dalam hidup, dan temukan hal yang paling bermakna serta menjadi tujuan dari hidup sebagai tujuan diri kita sendiri.

Prioritas (yang utama)
Penting untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas utama, kedua, dan selanjutnya. Mana yang urgent dan mana yang important, sehingga apa yang kita perbuat akan berdampak besar bagi diri kita dan lingkungan sekitarnya.

Goal setting (penetapan Tujuan)
Menetapkan tujuan baik yang per hari, per minggu, per bulan, dan per tahun. Tetapkanlah tujuan-tujuan yang mampu memotivasi diri, yang realistik dan sejalan dengan tujuan hidup.

Disiplin
Tanamkanlah sifat disiplin untuk mengerjakan dan menyelesaikan apa yang sudah di susun (to do list) yang sudah dibuat. Tentukan pula reward and punishmen pada setiap perencanaan yang berhasil dilakukan, bahkan kalau perlu yang gagal pula.

Bersihkan sikap menunda-nunda.
Kerjakan segala apa yang sudah direncanakan, menunda-nunda pekerjaan sebenarnya adalah tindakan lalai, semakin menunda suatu rencana pekerjaan akan melewatkan banyak kesempatan baik yang bisa dilakukan untuk to do something.

Mengetahui dan paham kapasitas
Saat mengetahui kapasitas dalam diri, maka akan menimbulkan kemampuan untuk menyusun waktu yang efektif dalam merancang strategi penyelesaian akhir atas rencana yang sudah dibuat. Sudah tentu setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda, namun ketahuilah kapasitas dalam diri sendiri.

Make "me time"
Baik untuk mengurus diri sendiri, waktu pembangunan kualitas diri kita, melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menikmatinya. Mengelola dan menikmati waktu dan menjalani hidup sepenuhnya. Nilai besar dan tujuan dalam kehidupan dengan managemen waktu itu karena "hidup begitu indah".

Dengan mendapatkan cara meanage waktu atau time manageman yang tepat, akan membuat produktivitas semakin baik dan meningkat, hidup lebih berkualitas dan teratur, sehingga mampu mengambil seluruh porsi dari kehidupan ini baik waktu untuk bekerja, waktu untuk keluarga, waktu untuk beribadah, dan waktu untuk lainya.