Tips sukses promosi online bisnis kuliner di dunia maya.

Selasa, 13 November 2012

Masyarakat Indonesia saat ini sudah sangat mengerti dan memahami internet pada umumnya, internet yang bisa di jadikan sumber informasi tersebut, juga bisa dijadikan sarana membagi informasi yang salah satunya adalah pemasaran dalam rangka mengembangkan sebuah bisnis. Jelaslah sudah dunia maya yang kita kenal saat ini akan selalu terbuka untuk digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis online maupun offline (konvensional).

Isi di dalam dunia maya banyak terdapat berbagai macam bisnis, baik aneka toko online yang menjual berbagai jenis barang, dan usaha-usaha yang memasarkan jasa yang dipromosikan secara online. Berpegang pada hal ini, maka rekan-rekan yang memiliki usaha atau bisnis di bidang kuliner tentunya juga bisa berpromosi secara online di dunia maya.

promosi kuliner online
Tips berpromosi online untuk bisnis kuliner yang akan menjadi pokok bahasan adalah bagaimana cara mempromosikan bisnis kuliner melalui media online. Tidak sedikit para pengusaha kuliner yang mempromosikan bisnis kulinernya melalui media online dan berhasil mendapatkan omset yang besar. Untuk berpromosi online untuk usaha kuliner, silahkan simak beberapa tips dibawah ini.

Jenis bisnis kuliner yang ingin dijalankan.
Jenis usaha kuliner yang dipromosikan secara online harus jelas, apakah produk kulinernya tersebut bisa tahan lama atau cepat basi ? Jika produk mampu bertahan lama, maka dapat memasarkan produk kuliner tersebut secara luas dengan bantuan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya. Namun jika produk kulinernya tidak tahan lama atau cepat basi, usahakan pemasaran kuliner hanya dipusatkan didalam kota domisili saja.

Memasarkan dengan menampilkan gambar kuliner
Patikan menampilkan atau memasang foto dari berbagai jenis produk kuliner, beserta nama yang yang berikan, gambar menu juga dapat lebih menarik perhatian para konsumen. Untuk mendapatkan gambar yang bagus dan terang gunakan kamera dengan resolusi yang tinggi.

Mencantumkan Informasi kuliner dengan lengkap dan jelas
Setiap menu masakan kuliner pasti ada namanya tersendiri dan juga informasi dari produk kuliner tersebut, dengan demikian para pengunjung akan memahami setiap produk kuliner yang ditawarkan. Misalnya dengan mengupdate konten artikel secara teratur mengenai resep-resep atau bisa juga cara pembuatan menu tersebut.

Memaksimalkan sarana promosi online Secara Rutin
Promosi adalah hal yang paling utama, jadi promosikan bisnis kuliner yang dimiliki secara  rutin dan konsisten melalui berbagai media seperti melalui social networking yang sudah menjamur di Indonesia seperti facebook, twitter, google plus, blog, serta forum-forum jual beli online. Iklankan pula melalui berbagai media iklan baris gratis dan berbayar. Bangunsebuah blog bisnis sebagai kekuatan online.

Siapkan dan bangun komunikasi dua arah
Komunikasi menjadi penerus informasi dari promosi yang dilakukan secara online, untuk lengkapnya persiapkan aneka media komunikasi yang dimiliki dan memadai. Cantumkan jenis dan media komunikasi yang dimiliki tersebut dalam promosi online yang dilakukan, agar konsumen dapat berinteraksi dengan admin, baik melalui email, telepon, facsimile, hingga blackberry messenger. Sehingga pesanan dan pertanyaan akan produk kuliner dapat berjalan lancar dan terjadi secara timbalbalik.

Sediakan brosur dan flayer gratis
Agar konsumen dapat menyimpan dan menjadikan referensi bisnis kuliner yang dipromosikan secara online, maka wajib tersedia fasilitas download gratis bagi brosur maupun flayer berbagai macam menu kuliner yang di jual.

Pelayanan yang prima terhadap pelanggan atau pengunjung online promosi yang dilakukan bertujuan agar mereka merasa puas dengan pelayanan bisnis kuliner yang dijalankan, tetap menjadi kunci sukses sebuah usaha kuliner. Karena konsumen sangat memperhatikan pelayanan, sehingga mereka bersedia mencantumkan bisnis kuliner yang dijalankan sebagai sasaran wisata kuliner mereka.

Dengan melaksanakan tips marketing online terhadap bisnis kuliner tersebut membuat bisnis kuliner yang dijalankan dapat lebih dikenal lebih luas lagi dengan pesanan serta omset yang lebih besar berhasil di raih.