Mengolah jagung menjadi peluang usaha potensial yang menguntungkan

Senin, 03 Desember 2012

Buah jagung sebagai salah satu buah berjenis sayur-sayuran merupakan produk yang tersedia melimpah di tanah air, berbagai jenis makanan dapat dibuat dengan bahan dasar buah jagung, dan masyarakat pada umumnya juga sangat mengukai makanan yang berbahan baku utama buah jagung.

Melihat potensi bahan baku yang tersedia melimpah, dan selera dari konsumen yang rata-rata menyukainya maka buah jagung sangat potensial untuk di olah menjadi produk makanan yang memiliki daya jual dan membuka peluang usaha serta sukses dalam mengelolanya. Sehingga mamaksimalkan buah jagung untuk menghasilkan produk yang di perdagangkan sangat terbuka.

peluang usaha olahan buah jagung
Sudah sejak lama sebenarnya buah jagung di jadikan bahan baku dalam membuat berbagai makanan yang di sukai oleh konsumen, dari yang prosesnya di rebus, di goreng, di bakar, dan di oven, membuat produk olahan makanan yang di produksi dari bahan baku buah jagung ini sangatlah bervariasi. Banyaknya pilihan dalam mengolah buah jagung menjadi produk bisnis membuat konsumen memiliki pilihan dan membuat makanan dari buah jagung ini tidak membosankan.

Selain produk yang di hasilkan sangat layak di konsumsi karena kandungan gizinya, harga yang ditawarkan dari produk-produk olahan yang dihasilkan dari bahan baku buah jagumg sendiri sangat terjangkau. Ini karena bahan dasarnya yang sangat mudah di dapatkan dan berharga murah, walaupun pada kenyataannya ada beberapa produk olahan dari bahan baku buah jagung di jual dengan harga yang lumayan tinggi. Itu semua karena kreativitas dalam mengolahnya yang menghasilkan paduan rasa berkualitas tinggi.

Beberapa peluang usaha dan bisnis yang menjadikan buah jagung sebagai bahan bakunya, dan telah dikenal masyarakat secara luas diantaranya sebagai berikut :

1. Jagung Bakar
Proses kerjanya sangat mudah, dimana buah jagung di panggang di perapian bara api hingga matang. Jagung bakar umumnya disajikan dengan berbagai macam bumbu rasa baik, manis, pedas, asin, dan lain sebagainya. Usaha biasanya di gelar di tempat-tempat yang ramai pengunjung dan pinggiran jalan dengan gerobak.

2. Jagung Rebus
Proses kerjanya juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan, buah jagung direbus bersama dengan kulitnya di dalam air mendidih hingga matang, disajikan pada umumnya dengan rasa asin dari garam dan rasa pedas dengan campuran cabai. usaha biasanya digelar sama seperti diatas, lokasi yang ramai pengunjung dengan gerobak dorong.

3. Jagung Goreng
Prosesnya sedikit agak rumit, karena jagung di lumat halus lalu dicampurkan dengan berbagai adonan seperti membuat empal, di goreng sebagai proses memasaknya sehingga menjadi produk gorengan berupa empal jagung. Usaha biasanya di gelar di warung-warung penjual gorengan bersama dengan produk gorengan lainnya.

4. Jagung fress Corn
Jenis bisnis ini kini sangat mudah ditemui dengan gerai kecil di mall dan lokasi keramaian, konsep mirip dengan jagung rebus, namun buah jagung yang di gunakan adalah jagung manis yang sudah di pisahkan dari batang jagungnya. Prosesnya buah biji jagung di rebus dan disajikan bersama dengan campuran parutan keju dan susu. Umumnya di sajikan dalam gelas pop dalam ukuran atau takaran tertentu. Produk ini sangat di sukai anak-anak dan beberapa bisnis franchise mengangkat produk fress corn sebagai komoditi bisnisnya.

5. Jagung Pop Corn
Walaupun jenis produk olahan buah jagung ini sudah lama adanya, namun jagung pop corn saat ini disajikan dengan sangat lebih variatif lagi. Bahan yang digunakan adalah bahan khusus jagung untuk pop corn, dan dimasak dengan cara di oven atau menggunakan mesin khusus pembuat pop corn. Dalam penyajiannya sangat beragam dengan campuran rasa yang menggoda baik manis, asin, rasa coklat, strawberry, dan lain sebagainya. Umumnya produk jagung pop corn ini di konsumsi oleh semua kalangan. Sangat potensial di jual di berbagai lokasi hiburan, wisata yang banyak dikunjungi masyarakat.

Buah jagung ini sangatlah unik, karena dapat dibuat berbagai makanan ringan yang sangat beragam dan aneka teknik memasak dan menyajikannya. Denga modal kecil peluang usaha olahan buah jagung ini sangat potensial di jadikan produk bisnis yang sangat menguntungkan. Kalau saat ini rekan-rekan yang ingin membuka usaha kecil sendiri dan masih bingung dalam menentukan komoditi yang dijual, maka makanan yang diolah dari bahan dasar buah jagung ini sangat layak untuk dijadikan referensi bisnis.