Peluang usaha potato skin kuliner camilan berat yang menantang

Rabu, 12 Desember 2012

Makanan impor sudah cukup banyak yang masuk ke Indonesia, dan beberapa diantaranya mampu mengambil hati dari penikmat kuliner tanah air. Lebih dari itu beberapa kuliner dari luar negeri ini mampu menjadi usaha yang besar dan menjadi raja kuliner impor di tanah air.

Mencoba merintis bisnis melalui peluang usaha kuliner impor ini tidak ada salahnya. Tidak hanya dengan mengadopsi resep secara original, namun cukup memungkinkan dengan mengkombinasikannya atau menyesuaikan dengan resep bumbu yang ada di tanah air. Salah satu peluang usaha kuliner yang memungkinkan untuk digarap sebagai bisnis diantaranya adalah potato skin.

kreasi potato skin
Potato skin merupakan makanan berbahan dasar kentang. Yang menjadi keistimewaannya, camilan ini dapat membuat kenyang apalagi paduan bumbu yang menyertai kentang sangatlah menggiurkan. Kita tentu saja dapat menjadikan jenis kuliner ini menjadi sebuah peluang usaha tersendiri. Untuk modal pembuatannya relative murah dan bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sulit menemukannya di pasaran. Untuk itu supaya peluang ini tidak terlewat sia-sia, maka dengan permodalan awal yang cukup terjangkau dikisaran 2 sampai dengan 5 juta, peluang usaha ini dapat di bangun.

Keunggulan bisnis dari peluang usaha potato skin diantaranya :
  • Ketersedian bahan dasar yang dibutuhkan cukup banyak dan mudah ditemukan di pasaran.
  • Proses pengolahan atau pembuatan yang pada dasarnya tidak terlalu sulit.
  • Dan sejauh ini produk camilan potato skin belum banyak dilirik oleh para pebisnis kuliner yang mengolah makanan berbahan dasar kentang. Yang khususnya untuk kalangan UMKM menengah ke bawah.
Cara memulai bisnis dari peluang usaha potato skin :
  • Pastikan potato skin yang di buat dan siap untuk di jual telah bercita rasa istimewa dibandingkan camilan dari kentang lainnya, serta rasa yang istimewa di lidah penikmatnya.
  • Setidaknya sudah menemukan atau siap dengan tempat usaha yang tepat dan sesuai untuk memperkenalkannya. Cobalah mencari tempat yang tersegmentasi terlebih dahulu, seperti dekat dengan restoran, kantor-kantor, atau areal food court yang tersedia di mall dan super market.
  • Lakukan promosi yang meningkat secara terus , pada media komunitas pencinta kuliner di media masa, social media jejaringan, dan ibu-ibu dapat dijadikan ajang promosi yang tepat guna menampilkan kreasi potato skin yang dihasilkan.
kuliner potato skin
Strategi pemasaran peluang usaha potato skin :
  • Sangat baik jika menyewa lokasi atau tempat di areal food court bersamaan dengan sajian makanan tradisional lainnya.
  • Potato skin dapat disatukan penjualannya bersamaan dalam satu etalase damilan lainnya seperti burger, zopa soup, dan berbagai minuman segar. Hal ini menjadi cara untuk memperkenalkan potato skin sebagai alternative sajian yang mudah untuk didapatkan.
Strategi promosi peluang usaha potato skin :
  • Promosi secara konvensional harus tetap dijalankan dan dilakukan di tempat, baik branding pada etalase maupun gerai konter. Membuat banner dan spanduk yang mudah di baca dan menarik perhatian pembeli. Bisa menampilkan gambar kreasi potato skin pada media reklame dengan menggambarkan keunikan dari menu kuliner camilan berat ini.
  • Maksimalkan dan gunakan kemasan atau wadah pembungkus yang dapat mencantumkan promosi usaha pada kemasan tersebut, cara ini kami rasa cukup efektif sebagai strategi promosi awal.
Jangan pernah enggan dan ragu dalam menyisihkan pendapatan untuk beriklan di media-media lokal, baik media cetak berupa iklan baris maupun gambar. Juga bisa mencoba berpromosi di media siaran radio lokal yang sudah popular di kalangan masyarakat.