Menjadi Usahawan Warnet yang Mampu Bersaing

Senin, 23 April 2012

Kemajuan teknologi di era digital dengan akses data cepat dijaringan super high way yang bernama internet sudah menjadi tren dan gaya hidup akan kebutuhan informasi masyarakat mederen, bukan hanya kases data, bersosialisasi dan menjadikan internet sebagai sarana kerja yang menghasilkan pendapatan juga sudah dilakoni.

Kebutuhan akses data cepat ini memberikan peluang bagi usahawan yang cepat dan tanggap dalam melihat peluang usaha ini, mereka menyediakan jasa sewa kases internet baik sebagai bisnis rumahan maupun dalam bentuk yang lebih representative dan profesional.

Bagaimana membangun dan memulai bisnis sewa fasilitas akses internet atau yang sering disebut dengan warnet ( warung internet) dalam skala kecil namun memiliki kemampuan bersaing dan berkompetisi.

peluang usaha warnet
Perencanaan dan persiapan usaha warnet.
Dibutuhkan perencanaan dan persiapan oleh seorang calon usahawan warnet agar bisnisnya bisa dimulai beroperasi, untuk itu persiapan yang dilakukan meliputi :

1. Memilih dan menentukan lokasi usaha warnet
Lokasi yang dipandang sebagai prospek dalam bisnis ini meliputi dekat dengan sekolah atau kampus, tempat nongkrong atau aktivitas pemuda dan mahasiwa, perumahan umum dan ekslusif, serta lokasi keramaian lainnya.Itu semua tergantung pada jenis konsumen yang menjadi target usahawan.

Umumnya lokasi menjadi penentu bisnis warnet dapat cepat berkembang dan bertahan lama, walaupun dalam hal ini biaya sewa tempat menjadi perhatian dan wajib diperhitungkan.

2. Jumlah alat atau komputer yang disediakan.
Jumlah komputer menjadi salah satu komponen yang menentukan dalam melayani kepuasan pelanggan, untuk lokasi usaha didaerah potensial mungkin saja usahawan dapat memulai dengan 10 unit, jika dirasa diperlukan penambahan maka usahawan dapat melihat dari grafik pendapatan dan kunjungan konsumen, jika sering terjadi antrian maka hal itu menjadi signal untuk penambahan unit baru atau perluasan.

3. Menentukan provider layanan koneksi internet yang digunakan.
Kecepatan akses sebagai penentu pula pada poin kepuasan konsumen dan memuliki peran dalam menentukan kunjungan balik dari pelanggan, namun jangan terlalu gegabah dan berlebihan. Perhatikan kebutuhan secara tepat, hal ini menyangkut biaya rutin bulanan yang bisa memberatkan operasional jika usahawan mengambil paket terbaik yang mahal. Namun juga sebaliknya bisa berakibat negative jika usahawan mengambil paket murah yang mengecewakan bagi konsumen.

4. Dapatkan SDM dan bekali dengan pengetahuan agar dapat membantu usahawan
Jika usahawan tidak mengelola sendiri warung internet miliknya, sebagai seorang usahawan dapat mendelegasikan kepada karyawan yang setidaknya paham akan komputer dan jaringan, untuk itu cari SDM yang tepat dan berikan pelatihan agar operasionalnya berjalan lancar.

5. Perhatikan biaya dan targetkan pendapatan
Memperhatikan dan mengkalkulasikan biaya menjadi hal terpenting bagi usahawan di bisnis apapun, tak terkecuali bagi usahawan warnet. Analisa ini akan menentukan berapa jam minimal usaha harus beroperasi dan berapa harga sewa yang kompetitif akan menentukan pendapatan dan program promosi yang bisa dijalankan dalam bisnis ini. Hal ini sangat memberikan kelangsungan usaha dibisnis warnet.

Dalam persaingannya kesuksesan usahawan di bisnis warnet bukan hanya ditentukan pada harga sewa perjam dari fasilitas, namun kenyamanan, dan keamanan konsumen juga menjadi penentu yang wajib diperhitungkan.

Membaiknya tingkat pendidikan dan semakin populernya teknologi internet dimasyarakat memicu bisnis ini semakin terbuka lebar bagi usahawan yang ingin beroperasi dibidang ini, dan siap menghadapi kompetisi yang cukup ketat. Namun kabar baiknya bisnis ini bisa ditambah dengan jasa pengetikan, jasa printing dokumen, jasa transfer data ke keping cakram, dan berjualan makanan dan minuman ringan kepada konsumen.