Usahawan Jasa di Bisnis Laundry Kiloan

Senin, 23 April 2012

Persamaan hak antara pria dan wanita, serta terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bisa berkarir lebih membuat pekerjaan-pekerjaan rumah tangga tidak dapat dihandel lagi untuk alasan kesibukan dari aktivitas pekerjaan.

Keadaan inipun tertangkap dan dijadikan peluang usaha bagi mereka yang ingin merintis bisnis dan berencana menjadi usahawan di bidang laundry, yaitu jasa mencuci dan pemeliharaan pakaian.

usahawan bisnis laundry
Diperkotaan bisnis ini sudah tumbuh dan berkompetisi dengan sangat ketat, dari gerai pribadi seorang usahawan sampai dengan usahawan yang memilih untuk bergabung dengan bisnis laundry dibawah naungan Francise. Walau demikian peluang usahawan di bisnis ini masih tetap terbuka lebar mengingat masyarakat menengah kebawah masih membutuhkan jasa yang berbiaya rendah, maka usahawan jasa laundry kecil dan menengah bertarif rendah atau paket kilo-an menjadi salah satu alasan untuk membangun usaha dibisnis ini.

Apa saja yang perlu direncanakan dan menjadi persiapan usahawan di bisnis laundry ?
  • Cari yahu dan pelajari teknik mencuci dan menyeterika pakaian secara benar.
  • Cari tahu dan temukan formula sabun cuci dan penghilang noda yang bagus dan berbiaya rendah.
  • Cari tahu alat kerja yang dibutuhkan dan sesuai dengan type operasional yang ditentukan, hal ini akan menentukan jenis dan type kuota mesin yang diadakan.
  • Persiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan berikan pelatihan.
  • Lengkapi peralatan pendukung operasional seperti timbangan, keranjang, rak dan lemari penyimpanan  pakaian.
  • Persiapkan perlengkapan dan jenis promosi seperti brosur, kartu nama, kupon diskon, nota pembayaran, plastik pakaging, hingga papan nama, dan spanduk jika memang dibutuhkan.
  • Pastikan tersedianya lokasi menjemur yang cukup dengan keamanan yang menjamin dari bahaya pencurian.
Mengingat ketatnya persaingan serta kompetisi yang menerpa usahawan di bisnis laundry, berikut beberapa strategi yang layak untuk dicoba guna memenangkan persaingan selain ide brilian yang usahawan miliki masing-masing.
  • Memberikan bonus dan reward kepada konsumen loyal, hal ini akan membuat meningkatnya loyalitas pelanggan yang sudah ada kepada bisnis usahawan, dan lebih mengikat kepada pelanggan-pelanggan baru untuk memberikan loyalitasnya kepada anda.
  • Menerapkan layanan antar jemput, Hal ini selain meningkatkan nilai pelayanan juga sangat memudahkan dan membangun ikatan yang lebih personality dengan konsumen. Jika memungkinkan berikan layanan free untuk antar jemput wilayah yang dekat, dan tarif tertentu yang terjangkau untuk wilayah tertentu. Ingat ini adalah mode pelayanan tambahan dan bukan operasional mencari keuntungan, fokuskan bisnis anda kepada laundry.
  • Terus perbaiki dan tingkatkan kualitas alat produksi yang digunakan, hal ini segera memberikan peningkatan kualitas dan layanan bagi konsumen terutama membaiknya pemeliharaan pakaian yang dipercayakan kepada usahawan. Jika perlu umumkan setiap update dan penambahan fasilitas produksi yang baru, dan alasannya bagi konsumen.
  • Kepercayaan pelanggan adalah segalanya bagi kelangsungan bisnis seorang usahawan, terapkan garansi dan kotak saran untuk mengetahui keinginan konsumen anda.
Dengan perencanaan yang baik, kontrol serta data yang akurat bisa dipastikan usahawan dibisnis ini bisa beroperasi dengan lancar, maupun bersaing dan sanggup memberikan yang terbaik bagi pelanggan dan kelangsungan usahanya.