Cinderamata digital printing terbukti mencetak usahawan baru

Minggu, 22 April 2012

Anda termasuk penghobi desain grafis dan memiliki kemampuan mengoperasikan software untuk program desain grafis? Jika jawabannya adalah "Ya" maka peluang menjadi usahawan dari bisnis pembuatan  cinderamata digital printing bisa di pertimbangkan sebagai langkah awal pindah kuadran.

Usaha cinderamata digital printing saat ini menjadi mode bisnis yang cukup berkembang pesat dan memiliki pasar yang sangat luas dalam berbagai kalangan, diantaranya personal, organisasi, dan bada-badan usaha. Selain itu usaha yang didukung hobi ini akan menjadi sangat menyenangkan bagi usahawannya, selain memiliki bisnis sendiri juga menjadi tempat berkreasi guna melahirkan kreasi dan kreatifitas dari hobi yang tersalurkan.

Bisnis yang operasional produksinya menggunakan teknologi digital, umumnya memproduksi barang-barang cinderamata berupa kaos, topi, mug, pin, piring, payung, jam dinding sebagai media barang dagangannya. Dengan gambar desain atau berupa photo yang menjadi komoditi unggulannya untuk di tampilkan pada barang dagangan.

usahawan digital printing
Proses produksi yang cepat, dapat ditunggu atau langsung jadi menjadikan bisnis ini merupakan mesin uang tunai, dengan stock barang yang tidak dapat busuk atau kadaluarsa menjadikan bisnis ini menjadi tahan banting dan minim kerugian. Namun karena bisnis cinderamata digital printing membutuhkan lokasi yang ramai dengan lemari display produk sebagai pendukung, maka ongkos setting tempat menjadi biaya yang harus diperhitungkan. Beruntunglah calon usahawan dibidang ini yang sudah memiliki lokasi strategis pada titik keramaian.

Apa saja yang perlu menjadi perhatian dalam menjalankan bisnis sebagai usahawan cinderamata digital printing.

1. Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam hal :
  • Mengoperasikan komputer dengan software desain.
  • Pengetahuan teknik cetak cinderamata
  • Kreativitas tinggi dalam desain grafis
  • Pengelolaan dan informasi produksi dan pasar.   
2. Permodalan untuk memulai bisnis.
  • Ruangan untuk showroom dan bekerja.
  • Kebutuhan listrik tinggi untuk mengoperasikan peralatan.
  • Perangkat kerja komputer, printer, meja dan kursi, dan lainnya
  • Jika mempekerjakan karyawan dibutuhkan biaya gaji untuk desainer, administrasi, dan tenaga penjualan.
  • Biaya yang muncul seperti : operasional dan modal kerja, listrik, telepon, servis komputer, dan tinta printer.
3. Kiat Menjalankan Usaha
  • Perhatikan permodalan dan tentukan target pasar yang diinginkan dengan memutuskan lokasi strategis yang dipilih sebagai lokasi usaha seperti didepan perkantoran, mall, pasar, areal wisata, atau lainnya tergantung usahawan menargetkan pasar yang ingin di menangkannya.
  • Rencanakan desain ruangan showroom sebaik mungkin, khususnya diareal pajangan produk dan tempat konsumen menunggu pesanannya, ingat produk ini merupakan produk yang penasanannya dapat ditunggu dalam penyelesaiannya. kenyamanan jaminan pelanggan terus kembali untuk pemesanan berikutnya.
  • Tempatkan SDM sesuai kebutuhan untuk beberapa pekerjaan yang tidak sempat anda kerjakan sendiri, dan SDM yang komunikatif serta menarik untuk pelayanan pelanggan.
  • Adakan peralatan yang dibutuhkan, dari yang sederhana serta stok terbatas sampai dengan menjadi peralatan canggih dengan stock yang memadai sesuai dengan tingkat kemajuan dan kebutuhan.
  • Rancang konsep pemasaran yang menarik perhatian umum, mulai dari papan nama, spanduk, dan brosur serta peralatan promosi lainnya yang dapat mendukung memperkenalkan bisnis usahawan.
  • Persiapkan diri untuk tekun belajar mengembangkan bisnis, menghadapi berbagai guncangan dan perubahan, serta kuat menghadapi persaingan yang terjadi dengan kompetitor usaha.
Dengan menjadi usahawan di bisnis cinderamata digital printing, maka langkah sukses dari hobi desain grafis yang anda miliki siap menopang dan menjadi kendaraan sukses usahawan dibidang ini, keyakinan dan perencaan yang matang akan visi sukses yang dimiliki memastikan usaha ini memang pantas menjadikan anda seorang usahawan sejati.

Kabar baiknya, usaha ini masih terus berkembang pesat dan dapat di lebarkan ke beberapa jenis bisnis yang sejalan seperti sablon manual dan cutting sticker.