Kiat berbisnis cindera mata kreatif untuk acara pernikahan

Jumat, 19 Oktober 2012

Pernikahan atau menikah yang dilangsungkan dalam sebuah pesta sering kali dilakukan secara besar maupun sederhana kerap menelan biaya yang tidak sedikit. Kemeriahan dan kesan yang tak terlupakan menjadi harapan yang dinginkan oleh mempelai baik pria maupun wanita, kenangan akan melepaskan masa lajang dan memasuki masa berumah tangga diharapkan akan menjadi cerita yang terus akan dingat dan abadi.

Salah satu momen dan kegiatan dalam membangun acara pesta pernikahan antara lain menyambut dan menerima tamu yang datang, umumnya selain mengisi buku tamu dilanjutkan dengan memberikan cindera mata sebagai souvenir sebagai ungkapan rasa terima kasih penyelenggara dan pemilik hajatan karena sudah bersedia menghadiri prosesi resepsi sebuah pernikahan.

bisnis cinderamata pernikahan
Sebagai bagian dari sebuah acara pernikahan, walaupun bagian kecil sebuah cindera mata yang unik dan menarik, serta mampu memberikan kenangan mendalam akan sebuah acara pernikahan menjadi incaran dan perburuan bagi para calon mempelai yang sedang merencanakan acara pernikahannya. Jika seorang calon usahawan memiliki kreatifitas baik melihat dan memproduksi berbagai cindera mata yang unik, maka cindera mata unik dengan target acara pernikahan bisa menjadi sasaran target sebuah wirausaha atau peluang bisnis pilihan.

Luar biasanya dari bisnis ini, umumnya produk yang dipesan tidak dalam jumlah satuan, sering kali ratusan buah hingga ribuan tergantung dari besar kecil dan banyaknya undangan yang di harapkan menghadiri sebuah acara pernikahan. Untuk sebuah acara pernikahan yang besar dan mewah, sering kali harga tidak menjadi ukuran dalam pegadaan cindera mata. Keunikan dan kekhususan menampilkan sebuah perbedaan serta kemampuan menghadirkan suka cita bagi penerimanya menjadi ketentuan utama.

Jika calon usahawan ingin berbisnis cindera mata atau souvenir pernikahan,berikut beberapa hal yang harus disiapkan.
  • Mempersiapkan modal yang sangat memadai untuk memulai usaha.
  • Menyediakan alat-alat kerja dan produksi serta bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk memproduksi cindera mata unik pernikahan.
  • Memiliki pengetahuan dan skill dalam membuat souvenir, baik melalui kursus, dengan membaca buku atau belajar sendiri secara otodidak.
  • Memiliki jiwa kreatif dan inovatif dalam membuat souvenir yang berbeda dan unik.
  • Membangun team yang handal jika produk yang dihasilkan dan dipesan dalam jumlah banyak dan harus dikerjakan oleh beberapa orang.
Dalam pelaksanaan bisnis atau usaha souvenir pernikahan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Memulai usaha ini dengan membuat souvenir sedikit demi sedikit dan melakukan proses produksi secara bertahap.
  • Membuat souvenir dengan model yang unik dan menarik.
  • Membuat perencanaan pemasaran produk semenarik mungkin, baik kepada pengguna atau konsumen langsung, maupun kepada reseller yang memesan untuk menjual kembali.
Untuk sarana pemasaran dan promosi usaha atau bisnis souvenir pernikahan ini dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut  :
  • Pemasaran dengan membentuk jaringan anda sendiri dimulai dari orang -orang terdekat seperti sanak keluarga teman atau relasi dan lain - lain.
  • Melengkapi alat - alat pemasaran guna promosi seperti brosur atau katalog dan leaflet.
  •  Promosi dengan iklan baik di media cetak maupun elektronik seperti internet.
Biasanya dalam menjalankan usaha bisnis souvenir pernikahan ini terdapat beberapa hambatan atau rintangan yang harus dilalui, serta wajib disikapi secara baik dan profesional, berupa :
  • Pembatalan pemesanan oleh pembeli ketika barang sudah diproduksi.
  • Peniruan bentuk atau model souvenir yang bisa dibuat oleh orang lain.
  • Pembuatan souvenir anda dianggap kurang menarik oleh pembeli. Dalam hal ini kreatifitas anda dalam membuat produk souvenir diuji.
  • Keterbatasan supply bahan baku yang dibutuhkan
Bisnis souvenir atau cindera mata pernikahan ini mutlak menjadi sebuah bisnis yang di topang oleh kreatifitas dan inovasi produk, sehingga seorang usahawan di bidang ini membutuhkan banyak referensi dan sampel yang dapat diperoleh melalui beberapa jaringan seperti internet, pasar khusus souvenir, buku-buku panduan membuat souvenir, dan lain sebagainya.

Jelasnya semakin seorang usahawan kreatif dan mampu memproduksi aneka pilihan cindera mata unik dan berkualitas dengan promosi dan pemasaran yang tepat, kesuksesan dibisnis ini sudah jelas diambang mata. Hal ini dapat dilihat dengan acara pernikahan yang digelar hampir selalu ada disetiap minggunya.