Kiat sukses mengelola bisnis ber-kategori rumahan

Senin, 15 Oktober 2012

Bisnis rumahan tidak hanya didominasi oleh bisnis atau usahawan yang skala kecil dalam berbisnis, tidak sedikit bisnis rumahan yang hanya dikelola secara pribadi berhasil mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang dapat dikatakan besar. Sebenarnya pengelola atau pemilik bisnis yang mengelola aktivitas dan operasional bisnisnya dari rumah saja merupakan pribadi yang cerdas dan luar biasa. Dalam hal ini membutuhkan keyakinan yang tinggi untuk sukses, kerja keras, kreativtas, dan disiplin guna mendukung keberhasilan bisnis yang dibangun. Walaupun umumnya bisnis yang dikelola dari rumahan berbiaya dan budget yang kecil.

Mengelola bisnis di rumah memang memiliki sangat banyak keuntungan. Selain dapat mengatur jadwal dengan leluasa dan menikmati kebebasan dalam memaksimalkan waktu setiap harinya. Meski demikian sudah pasti membutuhkan kedisiplinan dan organisasi yang baik untuk menjalankan bisnis rumahan yang sukses.

Ada banyak pelaku bisnis rumahan yang berhasil dalam mengembangkan bisnisnya, selain hal tersebut yang sudah disampaikan diatas, sudah tentu masing-masing pebisnis rumahan tersebut memiliki strategi dan kiat sukses dalam menjalankan dan membangun bisnis mereka masing-masing. Untuk sukses dibisnis rumahan, rekan-rekan usahawan mungkin saja membutuhkan beberapa kiat sebagai tips, yang diantaranya dapat coffee break berikan antara lain sebagai berikut :

1. Sediakan ruang kerja khusus untuk mengelola bisnis
Selain faktor ketenangan dan kenyamanan dalam menjalankan operasional kerja atas bisnis rumahan yang dikelola, ruangan yang tertata baik dan nyaman membuat mereka yang bekerja didalamnya merasa lebih betah dan menghadirkan imaginasi akan kreativitas yang tinggi. Selain itu juga privasi data, tempat meletakan peralatan kerja, dan jika memungkinkan sangat baik jika bisa digunakan untuk menerima tamu serta klien atau pelanggan dari bisnis rumahan yang dibangun. Ini akan menimbulkan nilai tambah serta kepercayaan akan dedikasi bisnis yang dijalankan walaupun dalam skala rumahan dikerjakannya.

2. Pisahkan sarana kerja dengan hal-hal pribadi
Membangun fokus pada bisnis rumahan itu sangatlah penting . Kewajiban membuat dan mengadakan account email, bank, dan alamat pos secara terpisah dngan urusan pribadi sudah menjadi keharusan. Mungkin saja jika memang bisa Idealnya usahawan juga harus memiliki saluran telepon dan mesin fax terpisah dengan kebutuhan diri sebagai pribadi.

3. Pentingnya menetapkan jadwal dan rencana kerja harian.
Bangun kebiasaan positif dan konsistensi dalam menjalankan jadwal kerja, hal ini sungguh sangat penting untuk kelancaran dan progress bisnis rumahan. Menumpuk pekerjaan atau melakukan rapel pada pekerjaan bukan solusi yang baik, bahkan membiarkan ketidak konsistensian dalam menuju kesuksesan.
Sangat penting mengatur jadwal harian yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan bisnis. Memaksimalkan waktu untuk istirahat, memeriksa email, menerima panggilan telepon, dan kegiatan lainnya menjadikan usahawan pribadi yang bijaksana pada diri dan pekerjaannya.

4. Listing pekerjaan yang ada dan tetapkan jadwal penyelesainnya.
Konsistensi komitmen seorang usahawan rumahan terhadap pekerjaannya juga merupakan konsistensi komitmen bisnis pada pelanggannya. Manage waktu yang tersedia secara baik dan bijak untuk mengerjakan produk atau jasa sebagai komoditi bisnis rumahan serta memasarkannya. Jadwalkan waktu untuk semua tugas bagi seorang pemilik usaha kecil dengan orientasi target pertumbuhan.
    
5. Pekerjakan orang lain
Bijaksana dan peduli terhadap tugas-tugas dan pesanan konsumen yang harus diselesaikan tepat waktu, Dalam hal ini perlu menjadi pertimbangan untuk mempekerjakan orang lain guna membantu apabila seorang usahawan rumahan tidak dapat melakukan semua fungsi bisnis dengan diri sendiri.

6. Evaluasi hasil kerja dan bisnis rumahan yang dilakukan secara berkala.
Pentingnya melakukan evaluasi dalam berbagai hal yang telah dilakukan sebagai progress hasil bisnis rumahan seorang usahawan adalah mutlak untuk dilakukan. Evaluasi umumnya ditujukan pada strategi pemasaran, harga jual, biaya yang dikeluarkan, respon publik dan pelanggan, arus kas dan keuangan, kualitas produk yang dihasilkan, serta berbagai kendala serta metode penyelesaiannya dalam perjalanan bisnis rumahan tersebut.

Bisnis rumahan memang sangat menantang, khususnya bagi mereka yang masih pemula dalam dunia bisnis sebagai usahawan, namun pada kenyataannya sebuah bisnis dalam kategori rumahan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dengan status kerja apapun. entah dia seorang pribadi usahawan, pegawai negeri, pegawai swasta, mahasiswa, dan lainnya. Kesuksesan dalam mengelola bisnis rumahan tergantung tekad dan semangat yang ada dalam diri mereka yang ingin sukses walaupun dalam keterbatasan dibeberapa sisi. Imbalannya tidak sedikit usahawan rumahan yang sukses besar dan menjelma menjadi pengusaha besar dengan perusahaan raksasanya.