Mengamati kesuksesan di peluang bisnis kedai kopi

Selasa, 16 Oktober 2012

Seperti halnya teh, kopi saat ini menjadi minuman yang sangat digemari oleh masyarakat, baik untuk diminum saat sendiri, berdua, atau berkumpul dengan rekan-rekan atau sering disebut dengan kongkow. Selain itu meminum kopi di duga juga memiliki khasiat yang positif seperti menghilangkan rasa kantuk, mengurangi stress, melancarkan peredaran darah, dan lain sebagainya. Tapi sejujurnya sesunggunya rasa kopi itu memang nikmat, apalagi yang meracik dan menyajikannya memiliki keterampilan dan kepadandaian yang memadai tentang kopi.

Bisnis kedai kopi sangat tumbuh subur saat ini, baik skala kecil berupa warung-warung kopi tradisional yang umumnya menyediakan kopi hitam biasa sampai dengan menyajikan menu dari kopi sacheet, hingga ke kedai kopi atau cafe yang memang khusus dengan berbagai macam menu kopi yang sudah diramu dan dicampur dengan resep tambahan lainnya. Jadi jelaslah sudah peluang berbisnis kedai kopi bisa dikelola dengan tema tradisonal hingga modern, yang itu semua tergantung permodalan dan target pasar yang di inginkan oleh usahawan tersebut.

bisnis kedai kopi
Minuman kopi di saat ini telah menjadi tren gaya hidup, ketika online sambil menulis blog, atau melakukan transaksi bisnis, sambil hang out di kafe, atau juga di lobi-lobi hotel, bahkan para seniman ataupun penulis bisa mendapatkan segunung ide dengan menikmati aroma dan rasa kopi yang merangsang kinerja otak, membuat suasana seperti santai. Dengan pangsa pasar yang sangat bagus karena menyentuh berbagai kalangan, mengapa bagi para usahawan pemula tidak mencoba untuk memulai karir usahawannya dalam bisnis kedai kopi sebagai permulaan.

Sebelum mulai membuka kedai kopi, sangat bagus jika calon usahawan dibisnis ini memahami seluk beluk tentang kopi, meskipun dimulai hanya dengan membeli waralaba dari sebuah kedai kopi. Apa saja peralatan yang diperlukan, bagaimana cara mengolah kopi hingga menarik saat menyajikannya, juga cara perawatan yang baik untuk mesin pembuat kopi.

Memulai bisnis kedai kopi, penting memperhatikan beberapa hal seperti dibawah ini.
  1. Tetapkan target dan konsep yang jelas. Dengan memiliki konsep yang jelas, membuat kedai kopi tidak hanya asal berdiri, Tapi lebih memiliki nilai yang dapat berkompetisi di dalam bisnis warung kopi yang memang diakui penuh persaiangan di semua kalangan dan daerah.
  2. Pilih dan tentukan konsep ruangan yang sesuai dengan kopi yang disediakan sebagai menu utama, jangan sampai tidak sesuai, misalnya kedai kopi menyediakan Espresso Machine mentereng tapi desain suasana ruangannya sederhana dan tradisional, sah-sah saja tapi kelihatan tidak nyambung, atau hidangannya Kopi Tubruk tapi desain coffee shop ala starbuck, Vietnam Drip, dan sebagainya. tentu akan jauh dari harapan mata pelanggan.
  3. Jangan mengandalkan satu produk. Perlu di ingat, terkadang kalau pelanggan sudah lama nongkrong sambil minum kopi saja, lapar dapat datang tiba, apalagi nongkrong nya berjam-jam, sediakan bermacam-macam menu yang dapat di nikmati, tidak perlu yang mahal, cukup cara penyajiannya saja yang di bungkus dengan kreatif dan inovasi agar lebih menarik. Atau juga menu trdisional, ini bisa di pertimbangkan. Referensi menu pelengkap : Indomie Rebus yang dikasih tambahan bumbu sendiri, misal spt Indomie Extra Hot (pedas), Roti Srikaya ala Kopi Tiam, Nasi Goreng yang khas, Pancake,  Waffel,  Kue2 basah yang banyak diminati, Roti Bakar, Pisang Keju, Gorengan2 lainnya. sebisa mungkin dibuat “beda dari yg lain”.
  4. Managemen dan pengaturan keuangan yang tepat, seperti Cash Flow perhari, dan seterusnya, Ingat kesalahan dalam pengaturan keuangan bisa jadi bencana bagi bisnis kopi Anda.
  5. Sekali lagi, dalam menentukan lokasi, jangan asal pilih. Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis bisa menjadi pendorong utama ramainya bisnis kedai kopi.
  6. Penataan ruangan, tidak perlu dengan biaya mahal, cukup manatanya menjadi lebih nyaman agar tetap asik berlama-lama Hang Out/ kong kow di kedai kopi. Walaupun umumnya penataan ruangan didesain dengan konsep minimalis, namun tidak menutup kemungkinan konsep lainnya digunakan asalkan sesuai dan harmonis.
  7. Buatlah promo yang dahsyat ketika launching Kedai Kopi yang baru, seperti contoh membuat papan bunga yang di letakkan di depan kedai kopi yang baru Anda  mulai, bertuliskan “selamat atas launchingnya kedai kopi luwak” misalnya, dan di bawah tertulis nama atau organisai komunitas kopi, atau bisa juga dengan melobi teman rekanuntuk membuat seperti itu juga dan di tulis nama brand bisnis mereka, win-win solution gitu, semakin banyak semakin bagus, telihat seperti bisnis besar jadinya.
  8. Yang terpenting tentukan teknik penyajian dan konsep kopi disajikan kepada pelanggan, semakin menarik akan semakin membangkitkan selera, semakin nikmat rasanya akan semakin menjadi pelanggan yang loyal.
Bisnis kedai kopi bukanlah sekedar bisnis yang dapat dilihat sebelah mata, kejayaan francise starbuck, exselso bisa menjadi penyemangat usahawan untuk terus mengembangkan bisnis kedai kopi yang dibangunnya. Formula inovasi dan kreatif dalam mengeksplor rasa dan metode menyajikannya adalah formula yang dapat membawa kepada brand image dan membesarkan usahawan dibisnis kedai kopi.