Sepeda motor second sebagai peluang usaha jual beli

Jumat, 12 Oktober 2012

Kebutuhan untuk memiliki kendaraan bermotor semakin meningkat tajam dari tahun ketahun, terlihat jelas animo masyarakat untuk memiliki motor dan padatnya kendaraan roda dua dijalan raya yang terus meningkat. Sebagian masyarakat memutuskan membeli motor baru, namun sebagiannya lagi mengeikuti kondisi ekonominya serta menerapkan cara aman untuk tidak berhutang dengan memutuskan membeli sepeda motor second atau bekas.

Peluang pasar bisnis Jual beli motor akhir-akhir ini sering kali dilakukan mengingat keuntungan  yang didapat cukup terbilang lumayan, meskipun dalam pelaksanaanya membutuhkan waktu yang agak lama. Tentu motor bekas yang beru dibeli di service serta dibersihkan dulu sebelum dipajang, lalu menunggu konsumen datang untuk membelinya. Selain membutuhkan modal untuk membeli dan memperbaiki sepeda motor sebagai barang dagangan, mungkin juga dibutuhkan sewa tempat untuk memajang motor, disarankan pilihlah tempat yang strategis.

sepeda motor second
Dari sumber beberapa rekan yang telah berhasil memiliki gerai dalam bisnis jual beli motor second ini, jika anda ingin terjun kedalam dunia jual beli motor mungkin ada baiknya melakukan persiapan-persiapan-persiapan sebagai berikut ini sebagai tips membangun usaha jual beli motor second :
  • Pentingnya mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai harga motor bekas di pasaran jual motor second murah. Sebagai bahan pertimbangan berapa harga yang bisa menjadi acuan dalam menawarkan kepada calon konsumen.
  • Untuk membeli setiap unit sepeda motor second, pastikanlah motor dalam kondisi terbaik. Tentunya supaya mendapatkan harga terbaik juga. Tampilan body biasanya adalah hal pertama yang paling dilirik. Perbaiki kerusakan – kerusakan yang ada. Pembeli tentunya akan lebih memilih motor yang memiliki kondisi bagus. Tapi bersikap objektiflah terhadap kondisi motor. Jika ada kelemahan atau kelebihannya ceritakanlah pada calon konsumen secara detail, agar calon konsumen tidak merasa tertipu dan dapat mempertimbangkan biaya untuk memperbaikinya, jika ia telihat berminat membeli motor.
  • Tidak ceroboh dalam memperhatikan kelengkapan dokumen – dokumen motor, nomer rangka dan mesin juga harus jelas. Calon pembeli biasanya sangat memperhatikan kelengkapan dan keasliannya. Motor yang punya riwayat maintenance rutin di bengkel resmi harga jualnya bisa lebih mahal dibandingkan yang tidak. Karena itu buku jadwal servis juga lumayan memiliki pengaruh dalam penetapan harga jual.
  • Berpromosi dengan iklan untuk gerai penjualan motor yng dibangun pada beberapa media massa, misalnya di iklan baris jual motor murah. Berikanlah foto dan data detail sepeda motor saat mengiklankannya. Semakin konsisten dalam berpromosi, maka akan semakin banyak calon konsumen yang ada, dan semakin cepat pula kemungkinan stok sepeda motor second sebagai dagangan laku terjual.
  • Teliti dan berhati – hatilah saat calon konsumen meminta test drive. Apalagi kalau harga belum cocok. Khawatir bisa jadi hanya sebuah modus pencurian motor agar motor bisa dibawa keluar dan dagangan dibawa kabur.
  • Bangun hubungan dengan beberapa sales sepeda motor, semakin banyak semakin baik. Berbagi keuntungan dengan mereka menjadikan bisnis jual beli motor second akan cepat berkembang karena mereka bisa menjadi agen penjualan lepas dari gerai usaha.
  • Buka kemungkinan hubungan dengan beberapa leasing perkreditan sepeda motor, hubungan ini akan lebih memajukan gerai bisnis sepeda motor second yang dimiliki, karena saat pelanggn ingin pembayaran secara kredit bisa diakomodasi. Serta peluang dalam resale dari stock sepeda motor yang ditarik oleh leasing tersebut.
Memang masih sangat banyak tips yang dapat di lakukan sebagai kiat sukses dalam membuka gerai bisnis jual beli sepeda motor second, dengan kiat diatas kita bisa memulainya. Pengalaman dalam membangunnya sudah tentu menjadi hal paling berharga dan mengembangkannya menuju kesuksesan sebagai usahawan.