Ice Cream peluang bisnis unggulan dari dahulu hingga kini

Sabtu, 24 November 2012

Es cream, makanan yang masih masuk dalam kategori camilan yang masih menjadi kegemaran dan favorit segala tahapan usia dari sejak dahulu hingga sekarang. Jika kita bertanya kepada anak-anak dan remaja dengan pertanyaan, siapa yang suka es cream? tentu semua akan menjawab saya suka dan mengangkat tangan.

Bisnis es cream saat ini sudah sangat maju, variatif dengan berbagai pilihan rasa, dan sudah pasti sarat dengan kompetisi. Berbagai rasa bisa di jadikan resep dalam meramu es cream yang enak dan nikmat, dari satu rasa dalam satu kemasan hingga lebih dari satu rasa bisa disajikan dalam satu kemasannya.

produk ice cream
Bisnis dengan produk unggulan es cream ini memang di pandang sebagai produk unggulan, mengapa demikian? Mari kita lihat apa saja yang menjadi keunggulan dari peluang usaha yang dapat di bangun dengan produk es cream.
  • Bisnis ice cream dari sejak dahulu hingga kini sangat banyak peminatnya, tidak terlalu sulit dalam hal memulai membangun atau mendirikan bisnisnya. Hal ini disebabkan jika kita ingin belajar membuat ice cream sudah banyak tempat-tempat pelatihannya.
  • Iklim di negara Indonesia yang tropis sudah tentu sangat cocok dan sangat mendukung untuk berkembangnya usaha ini, terlebih jika suatu daerah sering kali cuacanya terasa agak panas.
  • Jenis minuman ini dapat diperoleh atau diolah dengan bahan-bahan baku lokal dengan tidak membutuhkan dana yang terlalu mahal bagi permodalannya.
  • Dapat dilakukan atau dimulai dari rumah sekalipun, sehingga bisnis tidak perlu mengeluarkan dana untuk sewa tempat produksi.
Bagaimana cara seorang usahawan memulai usaha di bisnis ice cream ini? 
  • Semua orang menyukai ice cream, mulai dari yang bertekstur lembut dan rasanya yang mantap, walaupun di produksi secara kaki lima dengan proses produksi yang paling sederhana.
  • Berbagai bahan lokal dapat dijadikan pilihan, hal ini menjadikan harga lebih dapat disesuaikan dengan kalangan pasar yang tersedia.
  • Jika ingin memproduksi ice cream dengan menggunakan mesin-mesin produksi pembuat ice cream, mesin dengan mudah dapat ditemukan di toko-toko peralatan kue, karena sudah umum di distribusikan.
  • Kaya akan variasi karena relatif banyak dijadikan campuran untuk berbagai panganan lainnya.
gerai ice cream
Setiap bisnis umumnya untuk dapat berjalan dengan baik dibutuhkan strategi  pemasaran dan promosi, untuk bisnis ice cream strategi dapat dilakukan dengan :
  • Karena jenis minuman ini tidak terlalu membutuhkan penyajian yang ribet dan rumit, tidak ada salahnya kalau kita mencoba membukanya dikawasan manapun, namun utamakanlah lokasi di tempat keramaian, bahkan disekolah maupun lokasi vital lainnya, seperti daerah hiburan dan wisata atau pasar sekalipun.
  • Maksimalkan tempat makan yang kerap dikunjungi oleh kalangan manapun, misalkan taman hiburan, pameran kuliner, areal foodcourt di super market, hingga area kampus. Promosi dapat menggunakan media reklame kecil seperti brosur yang di buat sesuai dengan gambar tampilan asli produk dengan merek melalui meja-meja informasi.
  • Bisa saja memaksimalkan catering bisnis di kota domisili untuk diajak bekerja sama.
  • Jika memungkinkan jadilah sponsor even-even promosi produk olahan berbahan dasar susu
Dalam setiap usaha selalu ada saja hambatan, namun seriap hambatan pasti ada solusi untuk menyelesaikannya, lalu bahaimana dengan produk ice cream?
  • Persaingan dalam membuka usaha akan terjadi, terutama untuk lokasi-lokasi yang ramai. Siasatilah dengan menampilkan rasa ice cream yang tidak biasa atau umum, misalkan dengan campuran serutan coklat batang, buah-buahan segar, hingga beragam rasa dalam satu gelan atau con penyajian.
  • Ice cream dapat dengan mudah cair atau meleleh. Antisipasi dengan menggunakan portable freezer box / Mini port (termos ice cream yang miliki fungsi menjadi alat bantu penjualan ice cream agar tidak memerlukan listrik atau genset.
Bisnis ini mewajibkan usahawannya pandai membuat adonan ice cream yang enak untuk disantap, semakin halus dan lembut ice cream yang dihasilkan akan semakin baik, dan semakin nikmat rasa ice cream-nya akan membuat konsumen mengincarnya untuk membeli dan menikmati cita rasa yang di tampilkan.