Salah satu bentuk kesuksesan yang dapat mendorong kemajuan sebuah
bisnis yang di bangun adalah kemampuan yang di miliki dalam hal menarik dan
mengelola hubungan baik dengan para relasi. Semakin banyak relasi yang dimiliki
dan semakin harmonis hubungan baik yang terbangun, maka peluang membaik dan
semakin membesarnya sebuah bisnis berjalan searah dengan dinamika relasinya.
Lisa Nicoholas dalam buku The Secret menyatakan. “Dalam
relasi, sangat penting untuk pertama-tama mengerti siapa yang memasuki relasi
tersebut, dan bukan hanya pasangan kita. Tetapi kita sangat perlu untuk
mengerti tentang kita terlebih dahulu".
Lalu pada pengertiannya, siapa saja orang-orang yang di maksud
sebagai relasi dalam sebuah bisnis? Sebagian entrepreneur pemula mengatakan
yang dimaksud dengan relasi adalah pelanggan, jawaban ini sudah benar. Namun
pelanggan hanyalah salah satu dari orang yang di maksud sebagai relasi, luas
sekali pengertian relasi dalam sebuah bisnis, yakni semua orang atau instansi
yang terlibat dalam proses sebuah bisnis dijalankan sudah tentu disebut dengan
relasi. Jadi orang-orang yang terlibat dalam sebuah operasional bisnis dan
disebut dengan “relasi” diantaranya adalah :
- Semua orang yang berminat kepada produk dari sebuah bisnis yang dijalankan.
- Semua orang yang sudah membeli atau menggunakan produk dari bisnis yang dijalankan.
- Semua orang atau perusahaan yang menjadi supplier bisnis yang dijalankan.
- Semua karyawan yang ikut dalam operasional bisnis yang dijalankan.
- Semua instansi yang terlibat dalam operasional bisnis yang dijalankan, seperti biro perdagangan, perpajakan, perindustrian, perijinan, dan sebagainya.
- Semua konsultan dan mitra sukses dari bisnis yang dijalankan, dan lain sebagainya
Lalu di mana saja hubungan relasi tersebut di bangun dengan
baik, sudah tentu jawabannya hubungan relasi yang baik harus dan wajib dibangun
kepada seluruh lapiran yang menjadi relasi dari operasional perusahaan, hingga
masyarakat luas baik yang masuk dalam lingkup relasi maupun tidak ada
hubungannya dengan operasional bisnis yang dikelola.
Apa saja yang menjadi kunci sukses sebagai rahasia dalam
membangun hubungan dengan relasi, jika seseorang ingin di terima dan memiliki
relasi yang luas dan baik, diantaranya adalah sebagai berikut.
Ketika kita ingin menarik sebuah relasi, pastikan pikiran,
kata-kata, tindakan, dan situasi lingkungan kita tidak berlawanan dengan hasrat
kita.
- Tugas kita adalah diri kita sendiri. Kecuali jika kita mengisi diri lebih dahulu. Maka kita tidak memiliki apapun untuk di berikan kepada orang lain.
- Perlakukan diri sendiri dengan cinta dan hormat, maka kita akan menarik orang-orang yang menunjukan cinta dan hormat kepada diri kita.
- Ketika kita merasa buruk terhadap diri sendiri, kita menghalangi cinta, dan kita tentunya akan menarik lebih banyak orang dan situasi yang akan terus menerus membuat kita merasakan buruk terhadap diri sendiri.
- Fokuskan juga pada kualitas-kualitas yang kita sukai pada diri kita sendiri, maka hokum tarik menarik akan menunjukan lebih banyak hal-hal yang hebat tentang diri kita.
- Agar hubungan relasi berjalan dengan baik, fokuskan pada apa yang kita hargai dari orang lain, dan bukan pada keluhan kita. Ketika kita fokus pada kekuatan orang lain. Maka kita akan mendapatkan lebih banyak kekuatan dari mereka.
Rangkuman keterangan di atas kami ambil dari Buku The Secret
karya Rhonda Byne, yang banyak dan kaya akan masukan dalam memahami bagaimana
rahasia dalam membangun relasi baik dalam kehidupan pribadi, komunitas,
masyarakat, serta kami mengaplikasikannya ke dalam operasional bisnis yang di jalankan.
Akan banyak sekali keuntungan dan manfaat menguasai teknik
rahasia dalam membangun relasi ini, sebagai contoh saat kita ingin lebih
membesarkan sebuah bisnis yang dibangun, namun terkendala oleh terbatasnya
permodalan yang dimiliki, sudah pasti memiliki relasi dengan instansi perbankan
serta mereka yang ahli di bidang tersebut akan sangat membantu dan beruntung.