Limbah kaca menjadi peluang usaha seni artistik bernilai tinggi

Jumat, 02 November 2012

Ditangan seorang entrepreneur berbakat apapun bisa menjadi peluang bisnis, dan ditangan entrepreneur berbakat sebuah bisnis bisa dikelola dengan baik hingga menjadi lebih besar dan mencetak keuntungan. Termasuk bisnis pengolahan limbah, jika benar-benar dikelola dengan baik dengan ide-ide kreatif akan menghasilkan produk-produk yang bernilai jual hingga juta-an rupiah.

Salah satu peluang usaha yang masih memiliki prospek yang bagus adalah usaha pengolahan limbah kaca yang dapat di reproduksi menjadi produk olahan berupa perhiasan rumah berbahan kaca yang sangat artistik dan unik. Produk yang bisa dihasilkan dari memanfaatkan limbah pecahan kaca ini diantaranya vas bunga, kap lampu, maupun bentuk miniatur sebuah barang berupa mainan, diantaranya, berbentuk kapal, kereta api, mobil, helikopter, sepeda motor, andong, becak, dan alat musik drum, gapura, lampu hias dan yang lainnya. Banyak jenis yang dapat ditiru menjadi miniatur untuk sebuah produk dari olahan limbah kaca.

usaha reproduksi limbah kacaKerajinan hiasan rumah berbahan limbah pecahan kaca banyak diburu oleh konsumen yang berkeinginan membuat tata ruang di rumah ataupun kantor tempat berkerja menadi lebih indah dan elegan memanfaatkan hiasan produk-produk dari daur ulang limbah kaca yang terkesan berpenampilan mewah, unik dan menawan. Sehingga harga yang ditetapkan terhadap produk yang dihasilkan sangat beragam, itu semua tergantung dari desain, ukuran, dan tingkat kesulitan dalam mengerjakannya.

Bagaimana limbah pecahan kaca bisa direproduksi menjadi produk yang bernilai ekonomis, kebutuhan bahan baku produksi yang dibutuhkan adalah pecahan kaca atau pecahan botol bekas, toples bekas dan apa saja yang berbahan kaca. Bahan baku tersebut dibersihkan terlebih dahulu hingga bersih dan terpisah dari bahan-bahan yang mengkontaminan, dicuci hingga bersih dan didaur ulang dengan cara dilebur dalam tungku pemanas bersuhu 1.500 derajat Celcius lebih selama 24 jam. Setelah benar-benar meleleh dan cair, selanjutnya bahan baku kaca itu dibentuk sesuai dengan desain atau keinginan. Sebagian usahawan daur ilang kaca mereproduksi limbah kaca menjadi bagan bangunan seperti glass block dan Glassphalt.

Adapula pengrajin berbakat yang menggunakan peralatan sederhana seperti gunting kaca, amplas, perekat, dan lainnya memiliki kemampuan membentuk limbah pecahan kaca yang direproduksi menjadi miniatur monas, menara eifel, candi borobudur, dan miniatur lainnya sesuai keinginan pemesan. Keahlian ini membuat usahawan pengrajin limbah kaca bisa meraup keutungan yang lebih besar karena produk unik dan berkualitas yang bisa dihasilkan.

Ketajaman melihat dan menciptakan peluang bisa berawal dari mana saja, seorang entrepreneur sangat ahli dalam memaksimalkan kesempatan yang ada menjadi peluang dan bisnis menguntungkan, termasuk mengolah limbah kaca menjadi limpahan rupiah. Keahlian dalam mengolah limbah kaca ini bisa didaptkan melalui pengalaman ikut bekerja di industri pengolahan limbah kaca, kursus yang ada, atau belajar secara autodidak dari buku, literatur, atau video panduan.

Bagaimana dengan daerah tempat rekan-rekan calon entrepreneur berada, apakah limbah pecahan kaca banyak ditemukan dan belum dimanfaatkan secara maksimal menjadi peluang usaha yang menjanjikan? Jika belum ini adalah peluang bisnis yang tepat bagi rekan entrepreneur.