Peluang usaha souvenir berbahan limbah kaleng bekas

Selasa, 06 November 2012

Memulai usaha bagi seorang entrepreneur dibidang kerajinan pada dasarnya bukanlah tentang ketersediaan modal, umumnya mereka memulai dengan didahului menemukan atau melihat peluang yang bisa diolah dan dikembangkan menjadi peluang bisnis. Dalam industri kerajinan, ketersedian bahan baku menjadi faktor penentu utama untuk dapat berjalan serta beroperasinya sebuah bisnis kerajinan.

Salah satu peluang usaha yang hampir tidak ada matinya saat ini adalah bisnis daur ulang sampah, yang mana material dasar sebagai bahan bakunya tersedia cukup banyak dan berharga sangat murah. Jadi dalam hal ini hanya tinggal bagaimana cara mengumpulkannya saja. Salah satu bisnis kerajinan mengolah limbah atau sampah ini adalah peluang usaha industri mengolah sampah atau limbah kaleng menjadi produk kerajinan unik yang ekonomis.

miniatur berbahan limbah kaleng
Dalam satu bulan sebuah keluarga hampir selalu saja menghasilkan lembah kaleng, baik itu dari kaleng soft drink, kaleng susu, kaleng makanan, dan berbagai kebutuhan konsumsi yang menggunakan kaleng. Menjadikan seorang entrepreneur yang bergerak dalam bisnis industri pengolahan limbah kaleng nyaris tidak akan kehabisan bahan baku. Baik diawali dengan meminta dari teman dan tetangga, atau membelinya dari pengumpul limbah atau sampah.

Biasanya entrepreneur yang bekerja mengolah limbah kaleng bekas ini menghasilkan beberapa produk souvenir atau cinderamata sebagai produk kerajinan tangan. Namun bagi yang bekerja dengan mesin umumnya menghasilkan bahan baku pembuatan souvenir seperti mangkok depan sebuah pin. Di tangan-tangan kreatif inilah limbah kaleng bisa dibuat menjadi tempat pensil, asbak, kav lampu, vas bunga, serta berbagai miniatur cantik yang berharga ekonomis tinggi.

Usaha kreatif dalam pengolahan limbah kaleng bisa dilakukan dalam sekala kecil, bahkan rumah tangga. Peralatan yang digunakanpun cukup sederhana sebagai benda modal dengan nilai investasi kecil seperti gunting plat, tang penjepit, pingset jepit, lem, cat, kuas, dan lain sebagainya. Namun dari keterampilan tangan inilah lahir produk-produk yang mampu menarik perhatian dengan berbagai keunikannya.

Memang untuk menghasilkan sebuah produk membutuhkan ketelitian dan berulang kali kesalahan, namun semua itu akan terasa manis dan terbayarkan saat sebuah miniatur indah dihasilkan atau dengan membuat limbah kaleng tersebut berguna kembali menjadi produk yang dibutuhkan sebagai keperluan rumah tangga dan peralatan sekolah.

kerajinan sampah kaleng
Bahkan dari industri kecil pengolahan limbah kaleng ini seorang entrepreneur bisa menghasilkan omset puluhan juta rupiah, hanya dengan modal yang sangat minim. Yang lebih membanggakan lagi bahkan seorang entrepreneur sanggup menghidupi beberapa keluarga yang menjadi karyawannya dala membantu proses kerja daur ulang, selain pengumpul barang limbah tentunya.

Pemasaran produk kerajinan olahan limbah kaleng ini umumnya bisa dijual ke toko-toko souvenir atau cinderamata, toko mainan anak, serta melalui pameran pemasaran produk pemberdayaan UMKM dan koperasi yang sering diadakan oleh pemerintah daerah guna memajukan usahawan kecil dan menegah di daerahnya.

Jika rekan-rekan calon entrepreneur ingin memiliki bisnis sendiri, maka peka dan tanggaplah melihat keadaan dan kondisi didaerah tempat tinggal dan sekitarnya, apakah ada celah atau ceruk yang dapat dimaksimalkan menjadi sebuah peluang usaha. Mungkin bisa mengikuti artikel ini dengan mengolah limbah bekas kaleng, atau limbah produktif lainnya. Yang jelas dalam membangun sebuah bisnis kondisi jatuh bangun itu biasa, saat menemukan peluang usaha yang dapat dijadikan bisnis akan membuat masa depan mampu menjadi lebih baik.