Prospek Pengembangan Usahawan Biro Perjalanan

Rabu, 25 April 2012

Biro perjalanan memiliki tujuan melayani berbagai kebutuhan dalam hal penyediaan dan sourching transportasi dan hotel dalam hal pelayanan kebutuhan ticketing keberangkatan dan penginapan bagi masyarakat luas. Pada saat ini biro perjalanan sudah lebih berkembang lagi dalam pelayanannya, bukan saja penyedia tiket transportasi dan voucher hotel. Namun melebar sebagai organizer perjalanan wisata.

Potensi prospektif yang berhubungan dengan gaya hidup masyarakat saat ini, serta kebutuhan pekerjaan dimana perusahaan-perusahaan sudah lebih berkembang dengan pesat, bukan hanya disuatu daerah saja, tetapi berkembang dalam hal pelayanan nasional lintas provinsi hingga antar negara menjadikan ladang pendapatan bagi usahawan dibidang biro perjalanan.

travel and tour
Sebelum memutuskan untuk menjadi usahawan dibidang biro perjalanan, beberapa hal perlu untuk diketahui dan dimengerti oleh usahawan, diantaranya adalah :
  • Biro perjalanan adalah usaha yang menjual jasa pelayanan membuat bisnis ini syarat  akan unsur kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Sehingga membangun barisan pelanggan yang loyal menjadi skenario prioritas dengan menciptakan sistem pelayanan dan sumber daya manusia yang mendukung.
  • Tidak sesederhana tampilannya, usahawan biro perjalanan harus didukung dengan jaringan yang luas dan rumit, dalam merintis dan pengelolaan operasionalnya usahawan wajib memiliki pemahaman dan komitmen untuk kerja keras agar usaha berjalan dengan baik.
  • Karena menyentuh kegiatan perjalanan wisata, baik dalam maupun luar negeri. Maka menambah pengetahuan dalam hal wawasan wisata sangat diperlukan, kenali sistem penjualan tiket perjalanan, sistem reservasi, dan pengurusan dokumen perjalanan untuk wisata pada kantor-kantor birokrasi pemerintahan.
  • Pelajari birokrasi pengurusan surat operasional perusahaan, baik siup, situ, dan akte pendirian usaha.
  • Jika beroperasi sampai keluar negeri maka untuk memperlancar penyediaan tiket menbutuhkan usaha yang terdaftar pada organisasi "IATA" (International Air Transport Assosiation). Umumnya untuk terdaftar perusahaan harus memiliki catatan penjualan yang bagus dan menyetorkan sejumlah deposit.
  • Usahawan pemula umumnya merangkak dan menjalani bisnisnya dimulai dari beroperasi sebagai sub agen tiket atau voucher hotal. Mereka bergabung dengan perusahaan whoresale atau Francise travel and tour.
  • Saat merambah melebarkan birnis ke wisata luar negeri, pengetahuan tatacara birokrasi ke-imigrasian sangat dibutuhkan.
Inovasi dan kreativitas masih sangat dibutuhkan bagi usahawan di bisnis biro perjalanan wisata, meracik paket perjalanan yang akan ditawarkan, wajib disajikan dengan cara yang paling menarik dan kompetitif dalam penetapan harga jualnya. Berkreasi dengan membentuk paket perjalanan sendiri memungkinkan untuk dilakukan. Sebagai gambaran oaket perjalanan yang bisa dijadikan acuan contoh antara lain :

1. Paket Kesehatan
Paket perawatan dan berobat yang praktis dan nyaman diberikan kepada konsumen, khususnya perawatan kesehatan keluar negeri seperti Singapore, malaysia, dan lainnya. Konsumen mendapatkan pelayanan yang penuh dari prosedur dan akses rumah sakit, penginapan, transportasi, assuransi, dan lainnya.

2. Paket Pendidikan
Paket perjalanan wisata yang dikelola oleh biro perjalanan yang memiliki kerjasama yang baik dengan beberapa universitas diluar negeri dan dalam negeri. Baik berupa paket-paket kunjungan maupun paket pendidikan lainnya.

3. Paket Bulan Madu.
Paket yang diperuntukan khusus bagi pasangat yang baru saja menikah dan menginginkan dirayakan bulan madunya dengan perjalanan wisata.

4. Paket Rohani
Paket perjalanan yang diselenggarakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan atau kerohanian, Seperti  paket umroh dan haji, ziarah kelokasi keagamaan, dan lainnya.

Semakin seorang usahawan dapat memahami dan lebih banyak mempelajari seluk beluk akan usaha biro perjalanan ini, akan semakin mudah dalam menjalankan dan membuat semakin banyak inovasi dan kreatifitas yang diciptakannya.