Salah satu pola usahawan sukses adalah mencontoh

Rabu, 18 April 2012

Giat berusaha untuk kemauan belajar menjadi satu dari banyak jalan yang harus dikembangkan dalam membangun mental seorang pengusaha, salah satu teknik dari belajar adalah mencari pengetahuan dalam hal menuju sukses dengan cara mencontoh dari jalan yang telah dilalui oleh orang-orang yang sudah sukses terdahulu dalam mengembangkan bisnisnya.

Membangun pola sendiri itu tidaklah mudah, tetapi dengan mencontoh pola yang sudah teruji berhasil sudah sedikit  meluruskan jalan dalam merengkuh kesuksesan sebagai usahawan. Tidak sedikit usahawan yang membutuhkan mentor, membayar para profesional guna membantu mengembangkan dan memajukan bisnis-bisnisnya. Untuk usahawan dalam skala besar, hal itu bukanlah sesuatu yang sulit dan menjadi kendala. Namun untuk seorang usahawan pemula yang sedang merintis membesarkan bisnisnya sudah tentu menjadi kendala dalam hal pembiayaan.

pola usahawan sukses
Untuk dapat mempelajari pola-pola dari mereka yang sudah sukses dalam membangun perusahaan, banyak cara yang dapat ditempuh oleh para usahawan baru dalam upaya membangun pola sukses usahanya, antara lain :
  • Sisihkan sedikit pendapatan untuk membeli buku atau literatur yang membahas jalan sukses seorang pengusaha. Seperti buku Marketing Revolution karya Tung Dasem Waringin, atau Positive Business Idea karya James Gwee, dan literatur lainnya yang dapat memberikan panduan serta warna jalan seorang usahawan.
  • Menyisihkan sedikit pendapatan untuk mengikuti seminar-seminar dan pelatihan yang diadakan guna mengasah dan mempertajam mental dan naluriah sebagai seorang usahawan. Saat ini sudah banyak dan seminar dan pelatihan seperti yang di gagas oleh bang Purdi E Chandra tentang "cara gila jadi pengusaha", atau seminar yang digagas oleh Pa Sam Harinja dengan tema "Siapa bilang orang bodoh tidak bisa jadi pengusaha", yang jelas seorang usahawan pemula membutuhkan hal ini sebagai suplemen pengetahuan dan inspirasi.
  • Membangun hubungan dengan usahawan lokal yang telah sukses berbisnis, dan jadikan mereka sahabat untuk sukses. Umumnya para pengusaha lokal ini memiliki perkumpulan berupa forum-forum usahawan daerah dibawah organizer departemen kamar dagang dan industri.
Menemukan jalan yang membimbing seorang usahawan menuju kesuksesan adalah segalanya dan menjadi modal utama yang menentukan konsistensi dari bergeraknya sebuah usaha. sebagai ilustrasi saat seorang usahawan pemula berupaya membangun jalannya sendiri maka dia harus merobohkan penghalang dengan tenaga dan pikirannya sendiri, dia harus menyiasati penyelesaian masalah dengan pengetahuan sendiri, dan dia wajib mendaki kesuksesan dengan kendaraan yang dirancangnya sendiri. Namun berbeda dengan mencontoh pola yang sudah ada, semua penghalang, penyelesaian masalah, dan  pendakian kendaraan sukses tinggal mengikuti contoh-contoh yang telah dilakukan oleh mentor dan terbukti berhasil menghantarkannya menjadi usahawan yang sukses.

Lalu, bagaimana dengan anda. sudah menjadi usahawan yang memiliki pola sukses ? kalau belum pilih mentor usahawan idola anda untuk menginspirasi kesuksesan yang ditargetkan.