Menerbitkan konten yang berfungsi di pemasaran internet

Minggu, 06 Mei 2012

Menggagas, menciptakan dan menerbitkan sebuah atau beberapa buah konten menjadi salah satu teknik yang sangat baik guna memaksimalkan calon pelanggan potensial mengujungi situs web dan memberikan dorongan kepada mereka untuk melakukan transaksi berupa pembelian produk. Banyak teknik dan cara untuk menerbitkan konten terbaik, walaupun sebenarnya saat ini dalam fokus bahasan manfaat dan kekurangan dari metode ini.

Konten yang baik dan bagus sesungguhnya memiliki prinsip dasar yang sama, prinsip dasar tersebut antara lain :

Pertama, konten yang baik merupakan konten yang diterbitkan dengan relevansi tinggi pada produk yang dipasarkan, berarti memiliki kaitan yang erat dengan bisnis yang tersedia.

Kedua, konten yang baik dalam sebuah blog akan terus ter-update sesuai perkembangannya, diperlukan pembaharuan konten secara teratur sebagai gambaran perubahan dalam bisnis, produk, lingkungan, dan yang terpenting pandangan pelanggan. Jika semua konten hanyalah berisi iklan bisnis secara terang-terangan, dapat dipastikan tidak akan menarik banyak pemirsa. Dibutuhkan teknik penyajian yang berharga kepada pelanggan dan calon pelanggan untuk melakukan klik pada konten menuju produk yang dipasarkan.

konten pemasaran
Blog pemasaran sesungguhnya merupakan teknik populer yang menggunakan pemasaran konten artikel dengan tujuan mengarahkan lalulintas kunjungan kepada blog pada awalnya. Karena media blog merupakan alternatif yang murah bahkan mungkin gratis dalam memulainya, walaupun masih membutuhkan investasi yang sangat minim dalam hal waktu melakukan posting. Sebuah blog pemasaran yang sukses mewajibkan webmasternya rutin dan konsisten untuk meperbaharui konten baru setiap harinya atau bahkan sampai lebih dari satu hingga dua kali dalam sehari.

Kepopuleran pemasaran dengan konten berisi pembuatan atau penulisan artikel yang berkaitan secara erat dengan produk dan jasa sebagai pemberian rekomendasi untuk bisnis dengan link ke webblog di dalam kandungan artikel yang disajikan. Bisa melalui direktori artikel yang kemudian terdistribusi diseluruh network world wide web. Kepopuleran sebuah artikel diawali dengan menghabiskan sedikit waktu untuk riset dan menuliskan sebuah artikel, sedangkan yang menjadikan artikel tersebut bernilai tinggi berasal dari kemampuannya untuk memberikan link yang sangat relevan pada situs produk yang ditujukan.

Walaupun masih terdapatnya kekurangan dalam metode ini, berupa tidak adanya kuasa mengendalikan apa yang orang lain akan lakukan terhadap konten yang di submit ke direktori artikel, dan kebanyakan dari direktori hanya melakukan pengecekan tanpa audit isi dengan kata lain konten dibiarkan tampil secara utuh. Terkadang sebagian direktori mengurangi ataupun tidak mengijinkan link yang berlebihan, meskipun hal ini tidak sering terjadi. Faktor mesin pencari yang memiliki algoritma yang semakin cerdas kepada direktori artikel dipastikan tidak memberikan tempat yang baik pada artikel dengan begitu banyak link balik yang tersaji untuk berbagai sumber.

Forum bisa menjadi salah satu alternatif yang sangat bagus dalam membangun reputasi untuk produk-produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat yang memiliki kaitan erat dalam penggunaannya. Walaupun hal ini bukan menjadi cara terbaik dalam membangun peringkat pada mesin pencari. Dengan forum memungkinkan terbangunnya komunikasi yang lebih pribadi dari pada melalui artikel atau blog. Yang mana menghadirkan potensi calon pelanggan yang melihat sebagai sumber daya sebagai teman yang bukan berwajah bisnis. Mereka bersedia merekomendasikan bisnis kepada orang lain baik dalam kuasa maupun diluar kuasanya, sehingga memudahkan dalam mengelola prospek dengan mereka sudah mempercayai dibandingkan kepada orang baru atau asing yang harus melalui proses diyakinkan terlebih dahulu. Walaupun penerapan "nofollow" berlaku pada forum dalam hal komentar dan tanda tangan link, yang mana mesin pencari tidak memberi nilai sebagai link balik, namun berfungsi dengan baik untuk mengarahkan konsumen potensial.

Forum, blog, dan konten artikel pada dasarnya teknik yang digunakan dalam motode pemasaran guna membangun bisnis, Mengetahui yang menjadi dasar pemasaran konten pasti akan sangat membantu membangun perkembangan dan kemajuan bisnis yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan. Tentu menghasilkan uang menjadi tujuan yang utama.