Peluang usaha potensial daur ulang limbah sampah plastik

Kamis, 01 November 2012

Bisnis dengan menjadikan limbah atau sampah menjadi produk-produk kreatif memang membutuhkan ide yang inovatif dan cara kerja dengan pemikiran yang kreatif. Dalam mengolah limbah menjadi produk yang bernilai ekonomis sudah tentu wajib memahami dan mengenali limbah produk yang aman digunakan kembali atau yang tidak aman untuk kembali digunakan dengan alasan kesehatan pada umumnya. Karena kemungkinan produk limbah ada yang potensial mengandung racun yang berbahaya.

Salah satu jenis limbah yang potensial dijadikan produksi ulang menjadi bahan baku atau produk-produk olahan kreatif adalah sampah dari limbah plastik. Setiap hari sering kali kita temui sampah plastic yang luar biasa banyaknya hasil dari konsumsi masyarakat dan diletakan pada tempat pembuangan akhir. Sebagian orang memperoleh penghasilan dari memilah sampah plastik tersebut untuk dijual kembali kepada pengumpulnya. Lalu sebagian orang lagi memaksimalkan sampah limbah plastik ini untuk diproduksi menjadi produk-produk olahan yang kreatif. 

Peluang usaha pengolahan limbah dari sampah plastik ini pada dasarnya ada beberapa jenis, diantara 2 jenis yang kami ketahui antara lain pengolahan limbah sampah plastik menjadi bahan baku reproduksi plastik dengan cara press thermo plastik dan injeksi, dimana limbah sampah plastik di press dengan system mesin injeksi untuk dijadikan bahan baku membuat plastic kembali seperti tas kompe plastik, dan yang kedua limbah sampah plastik dikelola dengan kreatif dan cermat untuk dijadikan produk inovatif yang memiliki nilai jual yang sangat ekonomis seperti : membuat tas dari limbah plastik kemasan sabun, membuat kap lampu dan vas bunga dari limbah sampah plastik berupa botol, dan lain sebagainya.

Untuk menjajal peluang usaha ini dibutuhkan keterampilan mengolah sampah dari limbah plastik menjadi produk-produk bernilai ekonomis, dimana teknik pengolahannya dapat diawali dengan belajar dari kursus, atau autodidak dengan buku. Saat seseorang mampu menghasilkan sebuah produk ekonomis dari bahan limbah sampah plastik, dengan keterampilannya bisanya akan muncul ide-ide kreatif lainnya dalam mengolah sampah dari limbah plastik.

Keterampilan terapan dibutuhkan untuk pengolahannya, seperti menjahit, memotong, membuat pola, merekatkan, mengecat, dan lain sebagainya yang pada umumnya disebut dengan pengetahuan terapan. Pengetahuan ini pada dasarnya semakin dilatih akan semakin mahir dan membuat seorang pengrajin mampu menghasilkan produk dengan penampilan yang halus dan rapi sebagai tanda kualitas kerja sudah cukup baik.

Dalam menjalankan usaha ini umumnya tidak membutuhkan modal yang besar, karena bahan limbah dari buangan sampah sebagai bahan baku bisa didapat dari pengumpul atau memesan kepada tetangga di kampung untuk  mengumpulkan limbah sampah plastik rumah tangga dengan spesifikasi yang pengrajin butuhkan.

Sedangkan untuk pemasarannya, bisa dijual ke toko-toko produk unik seperti souvenir dan cinderamata, atau dipasarkan melalui pemeran yang diadakan UMKM (usaha miikro kecil menengah), serta dengan cara dipajang dikios jika memiliki tempat usaha atau toko dibilangan pinggiran jalan strategis.

Dengan memaksimalkan sampah dari limbah plastik, selain menambah penghasilan keuangan keluarga juga membantu menjaga lingkungan dari sampah yang menumpuk dan bertambah dari hari kehari, selain itu sebagai bentuk dukungan pada program go green yang saat ini sedang gencar dikumandangkan oleh pemerintah.

Menariknya usaha ini bisa dijalankan dengan cara mengaktifkan pemuda dan pemudi atau ibu-ibu PKK di kampung tempat kita berdomisili, dengan cara pelatihan dan pemberdayaan karang taruna, koperasi, menambah keterampilan dan penghasilan ibu-ibu PKK, atau dikelola secara professional dan mandiri sebagai bisnis. Menarik bukan jika kita bisa kreatif memaksimalkan limbah buangan sampah plastik yang ada di kota kita menjadi produk-produk unik yang bernilai ekonomis dan dalam rangka meningkatkan penghasilan keluarga.