Rental studio musik bisnis pelayanan dan perawatan

Rabu, 07 November 2012

Musik merupakan cabang seni yang memiliki penghobi paling banyak diantara cabang seni lainnya, baik hanya hobi dalam menyanyi, bermain alat musik, sampai dengan hobi mendengarkan musik saja. Musik digemari oleh berbagai kalangan, dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai dengan orang tua dan manula.

Karena berkembangnya industry musik saat ini, dan semakin banyaknya penghobi yang berminat dan berkeinginan lebih mengenal dan memahami tentang dunia seni musik. Ditambah dengan status glamor jika seseorang mampu sukses menjadi seniman musik baik sebagai pemain alat musik dalam grup band maupun sebagai vokalis yang menyanyikan lagu.

bisnis rental studio musik
Perkembangan industry musik dan penggemar musik itu sendiri di ikuti oleh berkembangnya beberapa jenis usaha yang masih berhubungan dengan seni musik, diantaranya adalah less atau kursus memainkan alat musik, less menyanyi, toko-toko yang menjual berbagai peralatan musik, sewa ruang karouke, hingga bisnis yang menyewakan peralatan bermain musik. Namun kali ini coffee breaks akan membahas lebih dalam mengenai peluang usaha dan memulai bisnis sewa studio musik. Jenis usaha ini adalah menyewakan sebuah ruangan yang disebut dengan studio yang dilengkapi dengan beberapa alat untuk bermain musik didalamnya.

Jenis peluang usaha sangat baik dijalankan jika entrepreneurnya selain bisa memainkan alat musik juga memahami tentang perawatan alat musik, namun itu bukanlah hal yang utama dan menentukan. Karena keinginan untuk memiliki dan membangun bisnis sendiri menjadi modal pokok untuk mulai mengelola sebuah bisnis. Karena bisnis yang dijalankan masih berhubungan dengan musik, minal sang entrepreneur setidaknya memiliki kecintaan tentang dunia seni musik, dan ini sudah bisa dikatakan cukup. Beberapa factor yang dibutuhkan serta menjadi perhatian entrepreneur sebelum mendirikan usaha rental studio musik diantaranya adalah :
  • Tempat usaha, Semakin strategis dan didaerah yang ramai sebuah rental studio musik berdiri akan semakin bagus. Tempat yang strategis akan lebih memudahkan promosi dan mengenalkan bisnis rental studio musik kepada masyarakat umum dan khususnya mereka yang hobi bermusik ria.
  • Peralatan musik, Semakin banyak koleksi alat musik yang disediakan akan semakin baik. Namun jika usaha dibuka dengan model terbatas, maka alat musik yang wajib dimiliki minimal gitas, bass, drum, dan piano atau organ. Peralatan tidak harus baru, membeli bekas dengan pengecekan yang teliti untuk memastikan alat musik masih dalam keadaan bagus secara fisik dan bagus pula secara fungsi.
  • Pendukung studio, lengkapi rental studio musik dengan memiliki sound system yang baik dan layak untuk digunakan bermain musik. Pendukung juga tidak harus membeli yang baru yang penting lakukan pengecekan kondisinya dan pastikan masih bagus secara fisik maupun fungsinya.
  • Tata dan hias ruang studio yang disewakan semenarik dan senyaman mungkin yang mampu membuat pelanggan betah berlama-lama bermain dan menyewa studio tersebut. Umumnya ruang studio di tata dan design interiornya sesuai dengan dunia musik. Yang paling penting dipehatikan adalah kondisi studio musik wajib dibuat kedap suara.
  • Menambah pengetahuan mengenai alat musik dan tekniks perawatan yang dibutuhkan.
  • Pesiapkan konsep administrasi dengan baik diantaranya tarif sewa studio musik, tatatertib didalam ruangan, tatatertib menggunakan alat musik, dan segala pendukung administrasi yang dianggap penting.
  • Persiapkan alat promosi semenarik mungkin, baik brosur, pamplet, papan nama, yang di design sesuai dengan target pasar yang diinginkan.
peluang usaha studio musik
Bisnis sewa atau rental studio musik ini merupakan bisnis yang mengutamakan pelayanan dan perawatan, untuk sukses entrepreneur bisa memfokuskan pada kedua segi tersebut diatas, yaitu pelayanan dan perawatan. Sehingga factor utama yang menjadi perhatian untuk melanggengkan dan memajukan bisnis rental studio musik ini antara lain adalah.
  • Memastikan alat musik dapat berfungsi dengan baik, dan awet untuk digunakan, dengan cara rajin dan konsisten untuk mengecek kondisi dan melakukan perawatan terhadap inventaris alat musik dan sound systemnya. Guna menghindari kehilangan dan pengrusakan dengan sengaja bisa diatasi dengan memasang cctv untuk control ruang studio musik.
  • Memastikan pelanggan betah belama-lama menyewa fasilitas studio musik dengan service yang baik, mungkin diawali dengan menyediakan lahan atau tempat parker kendaraan yang aman. Pemasangan pendingin udara, menentukan jumlah kapasitas orang yang boleh berada dalam ruangan, Menambahkan sumber informasi bacaan tentang musik baik berupa buku, dan majalah, lemari es soft drink, dan berbagai hal yang dianggap perlu untuk memastikan kenyaman pelanggan.
Kabar baiknya usaha ini bisa dikembangkan dengan jenis bisnis yang masih berhubungan dengan dunia seni musik, seperti usaha less atau kursus memainkan alat musik, Menjual buku-buku tentang musik, menyediakan alat rekam dan jasa merekam, samapai dengan mendirikan kafe disamping studio guna melayani pelanggan maupun masyarakat umum.

Lalu, apakah anda penghobi dan pencinta musik? Atau memiliki kepandaian dalam memainkan alat musik? Mungkin saja peluang usaha rental studio musik ini bisa menjadi pilihan yang tempat untuk memulai bisnis dan menjadi entrepreneur.