Usahawan sukses memiliki administrasi yang rapi

Kamis, 19 April 2012

Sering kali para usahawan khususnya pemula mengabaikan pentingnya peran administrasi dalam mendukung usahanya, pekerjaan mencatat, menghitung, dan membentuk sistem ini sangat berfungsi vital dalam menyajikan informasi dan laporan yang bermanfaat guna membuat keputusan-keputusan penting seorang usahawan.

Kegiatan administrasi tidak hanya penting bagi usahawan yang mengelola bisnis berorientasi skala besar, namun akan menjadi lebih penting lagi bagi usahawan yang mengelola bisnis kecil.


pentingnya administrasi
Selain pencatatan yang rapi, peran administrasi yang penting dalam sebuah bisnis antara lain sebagai berikut :

1. Perusahaan dapat lebih bersaing dan siap menghadapi pasar.
Dengan pencatatan yang baik, maka akurasi biaya produksi dapat dihitung dengan jelas dan tepat. Manfaat ini membuat usahawan lebih tepat dalam menentukan harga jual produk dipasar guna masuk dan menghadapi persaingan memperebutkan konsumen guna menjadi market leader.

2. Perusahaan dapat lebih memiliki daya tahan
Dengan pencatatan administrasi yang baik, sudah tentu komponen biaya akan lebih mudah dikendalikan. Dimana akun yang terlihat sebagai pemborosan dapat dikawal dan terawasi dengan baik, kebocoran atau pemborosan dapat berakibat melemahkan kinerja dan menggerogoti ketahanan perusahaan.

3. Perencanaan dan akurasi anggaran yang prima.
Dengan sistem administrasi yang baik akan menyajikan akurasi laporan perusahaan secara riel dan lebih akurat, sehingga perhitungan anggaran dan perencanaan dapat dibuat  dengan akurasi ketepatan yang lebih baik.

Kegiatan administrasi dalam bisnis yang berskala kecil tentu saja akan lebih mudah untuk dikerjakan, dengan sistem yang lebih sederhana dan tidak diperlukan banyak orang untuk mengerjakannya. Konsistensi menjadi kebiasaan yang harus dijaga bagi usahawan kecil yang kegiatan administrasinya masih dikerjakan sendiri.

Melihat pentingnya manfaat yang didapat dari membangun administrasi yang baik, menjadikan usahawan pemula tidak boleh meremehkan dengan mengacuhkan kegiatan penctatan dan pelaporan dari administrasi. Berlatih dan memahami sejak dini dari saat bisnis masih berskala kecil akan memberikan pengalaman berhrga saat bisnis menjadi lebih besar dengan administrasi yang lebih rumit dan komplex.