Google adsense mendukung penerbit berbahasa Indonesia

Rabu, 09 Mei 2012

Tahun 2012 merupakan tahun keberuntungan bagi blogger yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa utama dari isi konten dalam blog, mengapa? Karena secara resmi google sudah menerima blog yang berbahasa indonesia sebagai penerbit program periklanan google.

Jika memiliki rencana ke program pemasaran affiliasi, sudah tentu google adsense merupakan salah satu program affiliasi terbaik sebagai tempat untuk bergabung. Tidak sedikit webmaster pemasaran internet atau blogger yang memaksimalkannya untuk menjadi aliran pendapatan, karena setelah memiliki akun google adsense hanya update dan optimisasi traffic yang dapat dilakukan setelah meletakan scrip iklan dari google.

Bagian tersulit dari bergabung pada program affiliasi periklanan google atau "google adsense" terletak pada mendapatkan persetunuan penuh dalam mengajukan akun dari situs blog yang dapat diterima atau di setujui oleh team google adsense, sebagai situs blog yang dianggap memenuhi berbagai syarat dan layak sebagai penerbit dari google.

Patuh serta taat pada peraturan yang ketat dari kebijakan yang di tetapkan oleh google membuat aplikasi harus melalui proses persetujuan 2 kali sebelum calon penerbit benar-benar tergabung maksimal bersama program periklanan ini. Investasi yang wajib dimiliki oleh calon publisher periklanan google pada dasarnya hanya ada 2, yang pertama memiliki situs blog, dan yang kedua blog harus berisi konten atau artikel yang dapat diterima. Untuk itu calon publisher harus memperhatian beberapa hal penting pada investasinya, antara lain :

1. Tidak usah terlalu mengkhawatirkan tampilan yang indah pada situs blog, hal ini bukanlah sesuatu yang penting jika situs blog lebih terlihat rapi dan sistematis dalam navigasinya. Gunakan warna-warna yang menyenangkan tidak mencolok dengan menghindari warna yang kontras.

2. Konten yang  menjadi investasi dan harus melalui proses review oleh team google adsense haruslah berisi informasi dengan topik yang unik dan menarik. Mengingat google sangat konsen dengan komitmen dalam menyediakan hasil mesin pencari  yang memiliki akurasi dan relevansi yang tinggi kepada penggunanya, sehingga menjaga relevansi tema, keyword, dan materi konten yang relevan dalam situs blog dapat dipertahankan. Selain itu berkenaan dengan konten pada blog, maka untuk bisa mendapat kesempatan oleh team google hendaknya situs blog berisi posting konten yang banyak, atau minimal 20 sampai dengan 30 konten untuk artikel yang sangat bermutu.

3. Upayakan dalam mengajukan aplikasi dengan situs blog yang sudah berumur setidaknya 6 bulan, namun walaupun maju dengan aplikasi situs blog baru, hendaknya situs blog yang sudah memiliki traffic kunjungan yang bagus. Jika belum, upayakan untuk membangun lalu lintas yang sehat dengan teknik dan metode SEO yang benar. Mungkin salah satu cara terbaiknya adalah dengan bergabung di forum online yang memiliki relevansi dengan tema situs blog dan aktif membahas topik populer guna menarik traffic ke situs blog.

4. Pahami dan pelajari syarat dan ketentuan yang di berlakukan oleh program periklanan google agar situs blog tidak melanggar aturan yang menjadikannya tidak memperoleh persetujuan sebagai penerbit.

Dengan mengikuti dan memperhatian beberapa ketentuan yang disebutkan diatas, serta peluang yang terbuka lebar dari program periklanan google bagi webmaster maupun blogger yang berminat bergabung didalamnya membuat kita bisa lebih bersyukur dan menjaga kepercayaan dan peluang yang telah diberikan oleh google sebagai kesempatan untuk bisa lebih maju dan berkembang.