Usahawan jasa cuci helm bisnis bermodal kecil

Jumat, 11 Mei 2012

Helm merupakan salah satu kewajiban yang harus dipakai oleh pengguna sepeda motor yang berfungsi sebagai alat pelindung keselamatan berkendaraan. Bukan saja berfungsi sebagai alat perlengkapan keselamatan berkendaraan, tren saat ini helem juga dihias dengan berbagai macam gambar branding sesuai dengan karakter dan kesenangan pemiliknya, seperti logo tim sepakbola kebanggaan.

Apa jadinya jika helm kebangaan yang sudah dibranding dan digunakan sehari-harinya menimbulkan bau dan aroma tak sedap, sudah tentu tidaklah nyaman untuk digunakan serta menimbulkan rasa malu saat ada teman yang meminjam atau sekedar mengagumi branding gambar yang menghiasinya.

Sebagian besar pemilik helm tidak paham bahkan tidak peduli dengan bagaimana cara serta teknik yang digunakan untuk membersihkan helm kebanggaan, sehingga jasa pencucian helm menjadi alternatif yang dipilih guna pemeliharaan dan perawatan helm yang dimiliki.

bisnis jasa cuci helm
Peluang bisnis yang nampak sederhana ini menjadikan alternatif bagi usahawan untuk menjadikan bisnis ini sebagai bisnis tambahan yang melengkapi bisnis lainnya yang sudah ada, namun ada beberapa usahawan yang berhasil sukses dalam bidang bisnis ini dengan berbagai inovasinya hingga menciptakan mesin pencuci helm.

Jelas jika dapat dikelola dengan promosi yang bagus dan tepat bisnis ini sangat berpeluang mencetak usahawan sukses, mengingat pengguna dan pemilik kendaraan bermotor yang jumlahnya sangat luar biasa, tidak sedikit 1 rumah memiliki lebih dari satu sepeda motor dan masing-masing motor umumnya dilengkapi dengan 2 buah helm keselamatan.

Selain prospek dan kemudahan serta modal kecil untuk memulai bisnis cuci helm ini, tentu saja seorang usahawan perlu mengetahui beberapa hal penting guna mengoperasikan bisnis, antara lain :

1. Peralatan yang wajib dimiliki.
Pompa Air
Vakum
Hair Dryer
Selang Air
Sikat Lembut
Obeng
Deterjen
Bahan Pelembut
Pewangi Helm
Obat Poles

2. Tenaga kerja.
Jika seorang usahawan tidak ingin terlibat langsung dalam kegiatan bisnisnya, dapat menugaskan 1-2 orang karyawan awalnya selain sebagai penerima tamu juga sebagai petugas pencucian helm atau multi fungsi. Namun yang perlu diketahui adalan memberikan pelatihan agar pekerja dapat memperlakukan dan membersihkan helm pelanggan dengan baik dan benar sesuai dengan standar mutu yang ditentukan.

3. Lokasi bisnis
Bisnis ini dapat ditemui di tempat ramai, seperti perkampungan, pinggir jalan raya dan yang sedang tren misalnya lokasi yang digunakan dan dianggap sebagai tempat strategis adalah lokasi parkir kendaraan bermotor roda dua di areal mall dan pusat perbelanjaan.

4. Promosi
Promosi yang digunakan lebih menjurus pada perkenalan dan membangun loyalitas konsumen, seperti pembuatan papan nama usaha, spanduk, banner, brosur, pemberian kupon diskon, serta souvenir yang memungkinkan pelanggan berbagi informasi kepada orang lain tentang layanan jasa ini.

Bisnis ini memang pada dasarnya bermodal kecil dan umumnya dilihat sebagai bisnis kecil, namun dengan kreatifitas, inovasi, serta sentuhan tangan dingin seorang usahawan yang terampil dan menginginkan kesuksesan. Bukan tidak mungkin bisnis ini akan membesar dan menjadikan seorang usahawan sukses dalam bisnisnya.