Usahawan jasa cuci motor dan mobil skala kecil sedang

Jumat, 11 Mei 2012

Memiliki kendaraan bermotor sendiri sungguh sangat menyenangkan, namun lebih membanggakan lagi kalau kendaraan bermotor tersebut tampil bersih dan mengkilat. Namun kesibukan dan lelah bekerja seringkali membuat pemilik kendaraan merasa malas untuk membersihkannya sendiri, mempercayakan kepada jasa pencucian kendaraan bermotor sudah tentu menjadi solusi yang dapat membantu. Apalagi kalau kendaraan tersebut sangat dibutuhkan untuk acara tertentu, bisa-bisa tidak percaya diri kalau kendaraan kita tampil kotor.

Peluang untuk menjadi usahawan yang membangun bisnis di bidang jasa cuci kendaraan bermotor sangat terbuka lebar, namun cukup jelas terlihat persaingan ketatpun menyertai pelaku bisnis dibidang ini. kita dapat melihat beberapa usaha pencucian kendaraan bermotor pada satu jalan atau daerah yang sama bisa mencapai 3-4 atau lebih penerima jasa ini.

jasa cuci kendaraan bermotor
Jika usahawan tidak ingin terlibat langsung dalam pelaksanaan bisnis ini, maka setidaknya dibutuhkan dua orang pegawai untuk melaksanakan tugas cuci mencuci, namun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini antara lain :

Menetapkan Target Pasar
Target pasar pada skala kecil bisa ditujukan pada pemilik kendaraan bermotor di skala lingkungan tempat tinggal, namun untuk bisnis yang lebih besar sudah tentu pemilik kendaraan bermotor yang berkantong tebal, dan yang membutuhkan pelayanan yang bagus.

Lokasi Bisnis
Seperti yang dikatakan pada target pasar, untuk skala kecil bisa dimulai dari memanfaatkan pekarangan rumah, namun untuk lebih besar sudah tentu dibutuhkan lokasi yang luas, strategis, dan dipinggir jalan yang menjadi lalulalang kendaraan umum.

Peralatan yang tersedia
Karena mencuci sudah pasti dibutuhkan sumber air tanah dan mesin pompa air, mesin semprot, kompressor, kain lap, selang, sampo atau sabun cuci kendaraan.

Tenaga Kerja
Pastikan memberikan pengajaran dan pengetahuan tambahan agar pegawai dapat bekerja dengan baik dan tidak merusak kendaraan khususnya cat dan kemulusannya.

Ruang tunggu
Umumnya pemilik kendaraan bermotor, saat kendaraannya sedang dibersihkan. Aktivitas yang dilakukan adalah menunggu, jadi sediakan ruang tunggu baik tertutup maupun terbuka. Disini bisa diisi dengan bisnis makanan dan minuman. Berikan sarana hiburan seperti musik, tv, atau bahan bacaan agar aktivitas menunggu tidak membosankan.

Harga kompetitif
Seperti apa pelayanan yang diberikan, sebagian konsumen masih membutuhkan harga yang terjangkau untuk membayar jasa cuci kendaraan bermotor miliknya.

Promosi
Untuk memajukan bisnis sudah pasti dibutuhkan promosi. Papan nama, spanduk, atau banner bisa dijadikan alternatif. Harga kompetitif berupa potongan, kupon potongan harga, atau bonus seperti tisu dan lainnya bisa dijadikan sebagai daya tarik konsumen.

Untuk memastikan bisnis berjalan baik dan konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan, usahawan perlu seringkali berada dan mengawasi bisnis dilokasi kerja, pastikan mutu dan kualitas hasil cuci. Kepuasan pelanggan memastikan membuat loyal dan memastikan konsumen tetap akan bertambah.


Jika bermodal cukup, bisa saja mengambil bisnis franchise agar memiliki panduan serta cara kerja standar sesuai aturan franchise yang bersangkutan.