Kiat pegawai menjalankan usaha sampingan

Sabtu, 07 Juli 2012

Memiliki kehidupan ekonomi yang berkecukupan, mengisi waktu luang di jam bebas kantor, menyalurkan hobi, ataupun berkarya bersama anggota keluarga demi penghasilan tambahan menjadi alasan mengapa memilih menjadi usahawan sambil berkerja dengan bisnis sampingannya.

Usaha sampingan tidak berarti "sekedar sampingan" dalam penghasilannya, tidak sedikit terkadang kemampuan mengelola peluang usaha sampingan akan memberikan hasil yang bahkan lebih besar dari pekerjaan utama, anda tidak percaya? lihat potensi usaha rumahan jika kita perbandingkan dengan standar gaji PNS terbaru, lumayan kan? Mengandalkan pendapatan utama terkadang tidak selalu bisa mengcover kebutuhan yang semakin tinggi, apalagi memiliki kemampuan menabung untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan.

memiliki usaha sampingan
Membutuhkan kreativitas melihat peluang usaha yang akan memberikan sebuah bisnis usaha sampingan yang potensinya bahkan lebih tinggi daripada gaji utama kita. Tentu saja pada posting kali ini coffee break akan sedikit share tetang bagaimana mengawali untuk membuka usaha sampingan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.

Membuka dan menjalankan usaha sampingan dengan tanpa modal hampir saja mustahil, namun untuk usaha dengan sedikit modal jika mungkin caranya dengan menggunakan potensi disekitar kita. Coffee break dengan bendera Reklame 76 memaksimalkan warga sekitar yang juga berprofesi pegawai untuk membantu mengerjakan pesanan cutting sticker produksinya. Hal ini menjadikan mereka memiliki usaha atau bisnis sampingan pada saat usai kerja, dan mengisi hari libur jika tidak ada kegiatan lainnya.

Berbagai jenis usaha sampingan bisa juga digeluti dengan melihat kesempatan dan keterampilan yang dimiliki, sebagai contoh usaha sampingan lain misalnya bisnis online yang selain mengharuskan ber-keterampilan mengoperasikan komputer, juga memiliki sambungan koneksi internet. anda juga bisa men cari usaha sampingan lainnya yang bahkan belum terfikirkan oleh orang lain misalnya privat internet khusus orang tua, ataupun mengajar mengaji secara private bagi orang tua. Karena logikanya saat ini karena tuntutan teknologi dan kebutuhan seringkali pegawai negeri atau swasta yang sudah tua kesulitan menyesuaikan diri, nah peluang ini bisa kita ambil.

Menariknya usaha sampingan seringkali cukup dioperasikan hanya dirumah saja, dan yang paling menarik dari usaha sampingan di rumah seringkali menjadi seorang pegawai akhirnya menekuni sebagai pekerjaan utama karena dirasakan usahanya yang terus maju dan berkembang dengan penghasilan yang sudah lebih melampaui gajinya jika bekerja dikantoran. Macam macam usaha sampingan jenis ini bisa banyak sekali anda bisa mencoba menjual jasa ketik atau privat kelompok, membantu mengurus surat-surat seseorang seperti jasa mengurus STNK "Surat tanda nomer kendaraan" dan lain sebagainya. kami sangat yakin setiap orang bisa menemukan macam usaha sampingan yang tepat untuknya dengan aneka ragam pilihan usaha sampingan saat ini, siapapun juga , apapun jenis profesi yang sedang dijalankan tidak ada salahnya mencoba membangun dan menciptakan usaha sampingan yang menguntungkan.

Mungkin saja diawali dengan melihat rekan, tetangga, atau melakukan survei jenis usaha apa yang prospek untuk dijalankan. Tentu saja mengawalinya dengan cara mau belajar dan bijaksana dalam mengelola serta mengembangkannya. Umumnya para pemula ingin mencoba usaha sampingan dengan kriteria sebagai berikut :
  • Minim dalam resiko kerugian
  • Usaha di jalankan dengan modal yang kecil
  • Tidak harus menyediakan tempat luas atau strategis
  • Memadukan usaha dengan hobi
  • Mudah dalam pemasarannya
  • Memiliki potensi untuk maju dan dapat dikembangkan.
Walaupun terhitung dalam jenis usaha sampingan, seorang pekerja sekaligus sebagai usahawan tetap harus memiliki jiwa, kepribadian, dan semangat untuk sukses dalam mengelola usaha sampingan tersebut. Hal ini wajib jika ingin sukses.