Gerai Toko Mainan Anak Sebagai Peluang Usaha Alternatif

Sabtu, 15 September 2012

Dunia anak-anak adalah bermain, dan hampir seluruh orang tua memiliki keinginan untuk memanjakan anak-anaknya yang masih kecil dengan membelikannya mainan yang menjadi kesukaan dan kesayangan sang anak. Untuk hal ini tidak jarang orang tua rela menyisihkan pendapatannya demi menyenangkan hati anaknya.

Peluang usaha di bidang mainan anak-anak menjadi pilihan alternatif jika seseorang ingin membangun sebuah bisnis. Peluang usaha ini dapat dikerjakan dengan cara yang cukup sederhana, hanya dengan mempersiapkan permodalan awal untuk membeli barang dagangan, lalu dijual kembali dengan harga yang sudah ditambahkan prosentasi keuntungan yang diinginkan.

toko mainan anak
Membuka gerai atau toko mainan anak adalah peluang usaha yang baik di sepanjang tahun, munculnya jenis mainan anak baru dan semakin bersaingnya harga menjadikan peluang usaha yang satu ini terus tumbuh dan berkembang menjadi suatu usaha yang cukup bagus untuk dipilih. Yang namanya anak-anak, mainan adalah segalanya, bahkan kadang makananpun diabaikan jika dia menginginkan sesuatu. Mainan adalah sarana komunikasi bagi anak-anak untuk mengeksplorasi dirinya. Prospek usaha ini sangat-sangat bagus dan bisa dimasukan dalam daftar peluang usaha 2012.

Bagaimana cara memulai usaha toko mainan anak ini, berikut tips yang bisa kami berikan buat anda. Modal tentu menjadi hal yang penting disini karena item mainan anak-anak yang sangat banyak tentu akan membutuhkan modal yan tidak sedikit juga. Hal penting lainnya adalah wawasan dan pengetahuan tentang jenis-jenis mainan anak-anak dan product knowledge lainnya. Setelah itu lakukan survei lokasi dan lihatlah potensi pasar yang bisa dikembangkan didaerah tersebut. Selanjutnya segeralah mencari tempat kulakan atau grosir mainan anak terdekat dengan tempat anda, lakukanlah survei harga dan segera buat inventaris yang dibutuhkan.

Toko mainan anak memang mempunyai persaingan yang sangat ketat dan margin yang tipis dibeberapa daerah tertentu. Tetapi hal ini bukanlah hambatan jika anda pintar dalam melakukan pemasaran dan memberikan nilai lebih dalam pelayanannya. Buatlah harga jual yang kompetitif berdasarkan hasil survei anda dan antisipasilah kondisi atau grafik penjualan yang sering naik turun dengan selalu melakukan perbaikan dalam pelayanan dan mengikuti trend terbaru.

Berapakah modal dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini? ini sangat bergantung anda mau mulai pada posisi mana dan mencari target pasar yang bagaimana? Disini kami coba sajikan data riil dari seorang rekan coffee break yang juga memiliki sebuah toko mainan di daerah Ruhui Rahayu - Kota Balikpapan. Beliau menceritakan bahwa pada saat memulai usaha ini modal awalnya adalah Rp. 10.000.000,- sudah termasuk sewa tempat dan lain sebagainya. Kecakapan dari beliau adalah keberanian memilih tempat usaha toko mainan anak dipinggiran kota, sehingga sewa tempat dan biaya lain-lain bisa ditekan tetapi pasar tetap bagus. Dan yang menarik adalah saat ini item mainannya telah melebihi 1.000 item dengan penghasilan bersih rata-rata perbulan adalah Rp. 3.000.000,- Hal ini menjadi alternatif yang luar biasa.

Pada dasarnya usaha mainan anak-anak juga termasuk dalam jenis musiman atau tren, pada saat musim mainan tembak-tebakan, maka banyak anak yang akan membeli mainan senjata untuk tembak-tembakan. Atau saat musim bermain mobil tamiya, maka anak-anakpun akan banyak mengikuti trend tersebut. Jadi jelilah dalam melihat musim mainan anak-anak yang sedang tren. hal ini akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda apa lagi saat hari-hari besar seperti hari raya idul fitri khususnya di indonesia.